Petunjuk Penulisan Jurnal

Download Petunjuk bagi calon penulis jurnal,PDF

PETUNJUK BAGI (CALON) PENULIS

JURNAL PENDIDIKAN PROGRESIF (JPP)

1. Artikel ditulis untuk JPP meliputi hasil penelitian dibidang kependidikan. Naskah diketik dengan huruf  times new roman, ukuran 12 points, 1,5 spasi, dan ukuran kertas A4. Panjang naskah antara 12-15 halaman, dan diserahkan dalam bentuk print-out sebanyak 3 eksemplar berserta CD ny. Berkas (file) diketik dengan Microsoft word dam juga dapat dikirim melalui e-mail dengan alamat: jjp_fkip@unila.ac.id
2. Nama penulis artikel baik perorangan maupun tim, dicantumakan tanpa gelar akademik dan      dilengkapi alamat instansi serta ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim,     penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama mencantumkan alamat e-mail dan nomor HP untuk memudahkan komunikasi.

3.     Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut: Judul, ditulis dengan singkat dan padat, maksimum 14 kata dan dicetak dengan huruf capital ditengah-tengah berukuran 14 points: abstrak, ditulis dalam bahasa inggris (maksimum 200 kata), dengan memuat tujuan , metode, hasil penelitian: Kata kunci (key words) , kata atau istilah yang mencerminkan esensi kontem artikel (3-5 kata), ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan diketik Miring-tebal: pendahuluan (tanpa sub judul) yang berisi latar belakang, tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian ; metode; hasil dan pembahasan; simpulan dan saran; dan daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumberyang dirujuk), sumber rujukan sedapat mungkin berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel dalam jurnal dan/atau majalah ilmiah.

4.    Petunjuk dan pengutipan nenggunakan teknik rujukan berkurang (nama, tahun), contoh: (miller, 1993:47). Pencantuman sumber pada kutipan langsung disertai keterangan nomor halaman tempat asal kutipan, contoh: (miller, 1993:47) dan diketik satu spasi menjorok masuk ke kanan 5 ketukan, rata kiri dan kanan.

5.    Daftar rujukan disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

Buku:

Beverley, B. 1993. Children’s Science, Constructivism and Learning in Science (Second Edition).

Victoria: Deakin university Press.

 

Buku Kumpulan artikel:

Saukah, A & Waseno, M>G> (Eds). 2002. Menulis Artikel untuk jurnal ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.

Artikel dalam buku kumpulan artikel:

Kozma, R.B.Russell, 2001. Students becoming chemists: Developing representation competence. Dalam J. Gilbert (Eds), VIsualzation in science education. Netherlands:  Spinger.

Artikel dalam buku kumpulan artikel:

Miller, S. 1993. Children’s Aaaalternative Frameworks: Should be Diretly Addresses in Science Instruction? Jurnal of research in science teaching, 30 (3): 233-248.

Artikel dalam Koran:

Fauzi, A. 22 Februari, 2011. Revitalisasi pendidikan Agama. Kompas, hlm. 6.

Tulisan/berita dalam Koran (tanpa nama pengarang):

Kompas. 22 Februari, 2011. Pendidikan profesi Guru Terkatung-katung, hlm.12.

Dokumen resmi:

Pusat pembeniaan dan pengembangan bahasa. 1987. Pedoman penulis Laporan penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Undangan-undangan Republik Indonesia nomor 2 tentang system pendidikan nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta jaya.

Buku terjemahan :

Brown, G. & Yule, G. 1983. Analisis Wacana. Diterjemhkan oleh I.soetikno. 1996.

Jakarta: Gramedia.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Tarmini, w. 2008. Kata Tanya dalam konstruksi interogatif Bahasa Indonesia:

Kajian sintaktis dan semantic. Disertasi. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: PPS Unpad.

Makalah, seminar, lokakarya, penataran:

Rahman, B.2010. manajemen mutu akademik lembaga pendidikan tenaga kependidikan untuk meningkatkan produktivitas kelembanganan. Makala disajikan dalam seminar nasional Revitalisasi LPTK untuk mengasilkan guru professional, Universitas Lampung Bandar Lampung, 9 juni.

Internet (karya individual);

Cole, P.2995. How irregular is WH in situ in Indonesia. (online),

(http://www.ling.udel.edu/pcole/how_Iregular html, diakses 18 mei 2005).

Internet (artikel dalam jurnal online);

Gurnel, M. hand, B. Gunduz. S. (2006). Comparing Student Understanding of Quantum Physics When Embedding Multimodal Repersenations into two Different Writing Formats: Presentation Format Versus summary Report Format. (online) Journal intersciense, Volume 5, No. 4,

(http://www.interscience.wiley.com, diakses 21 ktober 2007).

6.    Tata cara penyajian table dan gambar mengikuti ketentuan dalam pedoman penulisan karya ilmiah tertentu (misalnya Universitas Lampung, 2008) atau mencontoh langsung pada tata cara yang digunakan dalam artikel yng telah dimuat. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan pedoman umum yang disempurnakan (Depdikbud, 1987). Artikel berbahasa inggris menggunakan ragam baku.

7.    Semua naskad ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjukan oleh penyunting menurut bidang kepakaranya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naska atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastiam pemuatan atau penolakan naska akan diberitahukan secara tertulis.

8.    Segala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan atau penggunaan software computer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terikat dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penulis artikel tersebut.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *