Pelatihan Pelayanan Publik FKIP Unila Dalam Rangka Penguatan Layanan Berbasis ICT

12016717_10204867906283729_1559645685_nInformation Communication and Technology (ICT) pada bidang layanan administrasi akademik di perguruan tinggi menjadi suatu kebutuhan, bukan hanya sekedar prestise atau lifestyle manajemen pendidikan tinggi modern. Namun dalam implementasi-nya, banyak kendala yang ditemui perguruan tinggi dalam menerapkan ICT dalam proses pengelolan kelembagaan ini baik faktor teknis maupun non teknis.

Penguatan tata kelola, akuntabiltas dan citra publik lembaga pendidikan tinggi akan bermuara pada meningkatnya kinerja lembaga pendidikan tinggi dan kualitas produk. Kebijakan ini akan bermakna manakala dikaitkan dengan upaya pemenuhan layanan manajemen lembaga pendidikan yang bermutu, program pengajaran yang bermutu, fasiltas pendidikan yang bermutu, dan staf pendidikan yang bermutu pula.

Terkait dengan konteks kekinian, pemanfatan Information Communication and Technology (ICT) dalam pelaksanan kebijakan penguatan tata kelola, akuntabiltas, dan citra publik lembaga pendidikan tinggi, implementasi sistem informasi dalam pelayanan manajemen pendidikan tinggi sudah tentu bisa dikatakan sangat tepat. Pada prakteknya, hampir bisa ditemui di banyak perguruan tinggi implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) bisa didapati dengan berbagai bentuk, baik yang sangat sederhana bahkan sampai dengan tingkat kerumitan yang sangat tinggi.

Efektivitas implementasi Information Communication and Technology (ICT) dalam pengelolan perguruan tinggi perlu mendapat perhatian yang lebih mengingat perannya yang cukup sentral dalam proses pengambilan keputusan manajerial ataupun keputusan-keputusan lainnya. Untuk meningkatkan efektivitas implementasi ini, yang jelas akan berpengaruh pada efektivitas pencapaian penyelengaran pendidikan yang dilaksanakan lembaga, maka faktor-faktor yang berpengaruh pada efektivitas implementasi Information Communication and Technology (ICT) pada pengelolan kelembagan, khususnya dalam hal administrasi akademik perlu ditelit lebih lanjut. Ini ditujukan agar proses manajemen akademik di perguruan tinggi menjadi lebih efektif dan efisien sehingga mampu menunjang pencapaian kinerja tinggi dari lembaga.

Information Communication and Technology (ICT) Akademik yang baik dapat memberi dukungan pada setiap proses pelayanan akademik maupun pengambilan keputusan baik di lingkungan internal maupun yang terkait dengan stakeholders. Hal ini dipandang penting dalam rangka mensinkronkan dinamika kebutuhan penguna informasi dan dinamika perkembangan sistem informasi manajemen sebagai penghasil informasi bagi keperluan berbagai pelayanan dan pengambilan keputusan.

Dalam rangka Penguatan Layanan Berbasis ICT (Information Communication and Technology) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung meningkatkan kualitas pengembangan internet melalui pelatihan ICT (Information Communication and Technology) bagi Karyawan dan Dosen untuk kedua kalinya, yang pertama diadakan di Hotel Nusantara pada tanggal 29 sampai dengan 30 November 2014 dan pelatihan yang kedua berlangsung pada hari sabtu, 12 September 2015 yang menghadirkan narasumber langsung dari FKIP UNS.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *