PERKEMBANGAN POSITIF APLIKASI SIMAFILA FKIP UNILA

Sosialisasi aplikasi SIMAFILA dihadiri oleh ketua jurusan, ketua program studi dan beberapa dosen di lingkungan FKIP Unila berlangsung di ruang sidang dekanat FKIP Unila (kamis, 2/8/2018).

Menurut Ketua Unit Database dan Publikasi Ilmiah, Diah Utaminingsih, S.Psi, M.A, Psi. sistem simafila ini bertujuan untuk menghimpun data mahasiswa di FKIP Unila. Meskipun masih terdapat fitur-fitur yang belum terakomodir kemudian bagaimana cara mengakses menjadi lebih mudah, tetapi sistem ini menjadi titik tolak yang sangat bagus kedepannya bahwa fkip akan memiliki sistem data base yang lengkap, sehingga ketika kita menginginkan data mahasiswa dari prodi manapun itu tinggal membuka sistem aplikasi SIMAFILA. “Harapan kedepannya semoga sistem ini bisa menjadi sistemyang terintegrasi sehingga dalam proses akreditasi semua prodi yang ada di FKIP Unila itu bisa mendapatkan data yang utuh dan valid”. Ujar Diah Utaminingsih.

Wakil Dekan I FKIP Unila, Dr. Abdurrahman, M.Si juga menyampaikan bahwa sistem SIMAFILA ini penting untuk berbagai aspek-aspek akademik dan non akademik. Sehingga ketika akreditasi misalnya dengan sistem basis data yang dikembangkan ini akan membantu bagi kaprodi, para admin dijurusan, atau di prodi untuk mengelompokkan, mengklarifikasikan, dan menganalisis data dengan baik, jadi tidak lagi berbeda antara prodi satu dengan prodi yang lain tentang format penilaian.

Lebih lanjut Abdurrahman mengatakan  “Ini bagian yang penting terutama dalam proses penjaminan mutu. Tentu saja ini juga berdampak pada upaya mensinergikan semua data-data akademik dan non akademik di FKIP Unila. Jadi memudahkan untuk mengkategorikan data dan itupun sistem nya online semua, jadi mahasiswa bisa mengakses, mendownload semua kebutuhan-kebutuhan mereka terkait dengan pendataan. Data terpadu ini bermanfaat untuk mahasiswa, dosen, karyawan, dan sampai pada pengambil kebijakan”.