Buku Panduan 2015

Download Kurikulum Pascasarjana IPS 2014 

SocialstudiesKURIKULUM BEBASIS KKNI 2014

Dihadapkan pada permasalahan pendidikan dan tuntutan pendidikan masa depan, serta dalam rangka pemenuhan kebijakan pendidikan nasional yang berkonsentrasi pada perluasan dan pemerataan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing, serta penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik, maka  FKIP-Universitas lampung sebagai lembaga pendidikan tinggi yang membuka program pendidikan keguruan untuk ikut serta berpartisipasi menyelenggarakan pendidikan bidang studi Pendidikan IPS lanjut (Program pascasarjana/ S2) yang bermutu, akuntabel, merata, dan terjangkau oleh rakyat banyak. Untuk itu, perlu disusun kurikulum program pascasarjana pendidikan IPS sebagai acuan penyelenggaraan pendidikan, target capaian, dan kompetensi lulusan.

SEJARAH SINGKAT

FKIP-UNILA yang dalam usianya sedang tumbuh dan berkembang menjadi dewasa, sekarang ini memiliki sarana prasarana pendidikan dan banyak sumber daya manusia (SDM) dosen dalam bidang pendidikan ilmu sosial dan ilmu pengetahuan sosial yang telah berkualifikasi doktor (s3) serta  guru besar. Untuk itu, mulai tahun ajaran 2009/2010 dipercaya untuk menyelenggarakan Program Pascasarjana Pendidikan IPS berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas no.1072/D/T/2009 tanggal 29 Juni 2009.

Sekarang Program Pascasarjana Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi/ BAN PT dengan Nomor 177/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2014, Tanggal 19 Juni 2014, Tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan IPS dengan nilai 335 atau peringkat B (Baik).

MOTTO ” BE DECISSION MAKER AND SUCCES  THE FUTURE”

VISI

“MENJADI PENYEDIA SDM INTELEK, PROFESIONAL, DAN SPIRIT(IPS) PADA TAHUN 2025”

MISI

  1. Meningkatkan kompetensi akademik SDM yang berkualifikasi tinggi dalam bidang keahlian IPS yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional dan global.
  2. Meningkatkan mutu dan jumlah penelitian dalam bidang pendidikan IPS untuk memperkuat epistemologi dan lulusan.
  3. Meningkatkan ketrampilan sosial  melalui pengabdian  masyarakat secara bijak dan komitmen tinggi.
  4. Mengembangkan kerja sama internal dan eksternal untuk mengambil keputusan komprehensif dan memperkuat produk-produk pembelajaran, penelitian dan pengabdian bidang pendidikan IPS.

PROFIL PROGRAM PASCASARJANA PENDIDIKAN IPS

  1. Ahli bidang Pendidikan IPS
    1. Mampu mengembangkan IPS sebagai ilmu pengetahuan dan sebagai program pendidikan
    2. Mampu mengkritisi,merefleksi dan mengevaluasi  berbagai permasalahan sosial  dengan pendidikan IPS
  • Mampu mentransformasikan pendidikan IPS   dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
  1. Peneliti bidang Pendidikan IPS
    1. Menguasai fenomena permasalahan Pendidikan IPS
    2. Menguasai metodologi penelitian pendidikan IPS
  • Memberikan solusi berdasarkan kajian pendidikan IPS
  1. Pengabdi kepada masyarakat bidang pendidikan IPS
    1. Memiliki sensitivitas terhadap issue-issue sosial yang dapat dipecahkan melalui pendidikan IPS
    2. Memiliki keterampilan sosial untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  • Memiliki komitmen dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian
  1. Pengambil keputusan yang berkarakter P-IPS
    1. Memiliki kemampuan berfikir kritis dan reflektif terhadap permasalahan P-IPS
    2. Memiliki kemampuan bekerjasama dalam mengambil keputusan komprehensif
  • Memiliki tanggung jawab terhadap keputusan secara arif dan berkeadilan.

INSTRUCTIONAL OUTCOME

  1. Mampu berfikir kritis, logis, dan sistematis dan
  2. Mampu mengembangkan dan mengambil keputusan dengan IPS
  3. Mampu mengaplikasikan IPS dalam kehidupan sehari-hari
  4. Mampu menjalankan IPS sebagai program pendidikan
  5. Mampu menganalisis permasalahan sosial secara terpadu dengan IPS
  6. Mampu menjalankan tugas tugas pendidikan dan pembelajaran secara profesional
  7. Mampu menguasai permasalahan sosial secara komprehensif dan terintegrasi
  8. Mampu mengembangkan kompetensi sosial secara konsisten dan objektif
  9. Mampu mensinergikan antar ilmu sosial secara terpadu untuk pengambilan keputusan yang tepat
  10. Mampu mengembangkan kompetensi IPS untuk pendidikan dan bekal hidup peserta didik
  11. Mampu meningkatkan ketrampilan penelitian dengan menggunakan berbagai metode dan pendekatan penelitian.
  12. Mampu mengkomunikasikan hasil- hasil penelitian secara tertulis dan lisan baik tingkat lokal, nasional, dan internasional

BAHAN KAJIAN DAN MATA KULIAH PROGRAM PASCASARJANA P-IPS

  1. UNI 814101 2 sks      Filsafat Ilmu
  2. UNI 814102 2 sks      Metodologi penelitian
  3. MKIP 814101 2 sks      Wawasan pendidikan
  4. MKIP 814102 2 sks      Kurikulum dan pembelajaran
  5. MPS 814101 3 sks      Ilmu Pengetahuan sosial
  6. MPS 814102 3 sks      Desain pembelajaran dan model IPS terpadu
  7. MPS 814201 2 sks      Assesmen pendidikan IPS
  8. MPS 814202 2 sks      Pendidikan Nilai moral dan karakter bangsa
  9. MPS 814203 3 sks      Studi sosial masalah geosfer
  10. MPS 814204 3 sks      Studi sosial masalah ekonomi dan KWU
  11. MPS 814205 3 sks      Studi sosial masalah etnisitas dan nasionalisme
  12. MPS 814206 3 sks      Studi sosial masalah perubahan sosial dan globalisasi
  13. MPS 814103 5 sks      Proposal Penelitian
  14. MPS 814207 5 sks      Seminar
  15. MPS 814401 10sks     Karya ilmiah
  16. MPS 814301 20sks     Penelitian dan panulisan laporan
  17. MPS 814302 2 sks      MK Pilihan:
    1. IPS pendidikan dasar*
    2. IPS pendidikan menengah*
  • IPS pendidikan Tinggi (LPTK)*

 

SEBARAN MATA KULIAH TIAP SEMESTER

1. Semester pertama

  1. UNI 814101        2 sks      Filsafat ilmu
  2. UNI 814102        2 sks      Metodologi Penelitian
  • MKIP 814101     2 sks      Wawasan Pendidikan
  1. MKIP 814104     2 sks      Kurikulum dan Pembelajaran
  2. MPS 814101       3  sks     Ilmu Pengetahuan sosial
  3. MPS 814102       3  sks     Desain pembelajaran  dan model IPS terpadu
  • MPS 814103       5  sks     Proposal penelitian

Jumlah                  19 sks

 2. Semester kedua

  1. MPS 814201 2  sks     Assesmen pembelajaran IPS
  2. MPS 814202 2  sks     Pendidikan nilai, moral, dan karakter bangsa
  • MPS 814203 3  sks     Studi sosial masalah geosfer
  1. MPS 814204 3  sks     Studi sosial masalah ekonomi dan KWU
  2. MPS 814205 3  sks     Studi sosial masalah etnisitas dan nasioalisme
  3. MPS 814206 3  sks     Studi sosial masalah perubahan sosial dan

globalisasi

  • MPS 814207 5  sks     Seminar

Jumlah                  21sks

3. Semester ketiga

  1. MPS 814301 20 sks    Penelitian dan penulisan laporan
  2. MPS 814302 2  sks    MK Pilihan:
    1. IPS pendidikan dasar*
    2. Ips pendidikan menengah*
    3. Ips pendidikan tinggi (LPTK)*

____________________

Jumlah 22 sks

 

4. Semester keempat

  1. MPS 814401 10 sks    Karya Ilmiah

___________________________

Jumlah                  10 sks

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

1. UNI 814101 2 SKS     Filsafat Ilmu

Memahami hakekat ilmu, struktur ilmu, kaidah ilmiah, dan berfikir ilmiah. Mengkaji berbagai aliran filsafat pendidikan dan ilmu sosial sebagai dasar pengembangan program pendidikan disiplin ilmu  sosial dan pendidikan IPS di sekolah, dan mengembangkan paradigma berpikir ilmiah dalam kaitannya dengan tingkat peradaban manusia.

2. UNI 814102 2 sks      Metodologi Penelitian

Memahami berbagai metode dan pendekatan penelitian (kuantitatif dan kualitatif) dalam bidang P-IPS, untuk memecahkan berbagai permasalahan sosial dan pendidikan IPS dengan membiasakan diri berfikir inquiry, kritis dan kreatif dengan dibantu kemampuan statistik  deskriptif dan inferensial yang memadai sehingga mampu membangun kepekaan terhadap masalah sosial dan mampu meneliti dan mengambil keputusan empiris dan prediktif (generalitatif) sehingga kebenaran ilmiah dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

3. MKIP 814101 2 SKS     Wawasan Pendidikan

Kegiatan/Psikomotor:

Dalam perkuliahan ini mahasiswa, dalam lingkup keluasan cakupan (ekstensif) dan kedalaman kajian (intensif), diberi kesempatan dan peluang untuk membangun pemahaman dan teori tentang wawasan kependidikan melalui berbagai kegiatan meliputi:kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat mengembangkan wawasan kependidikan, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan ide-ide baru pengembangan pendidikan di tanah air,dan membangun struktur pengetahuan kependidikan secara komprehensif melalui kajian analitik isu dan perkembangan dunia pendidikan.

Pengetahuan:

Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan dan pelayanan kepada mahasiswa untuk melakukan analisis dan membangun pemahaman dan teori  perkembangan dan isu-isu pendidikan nasional dan global. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok pendidikan nasional: Kurikulum, UN, Disparitas Mutu, APM & APK, dll; (2) Pendidikan Sebagai Indikator Human Development Index (HDI); (3) Isu Pembangunan Pendidikan Global: Education For All , International Educational Standard, AFTA, APEC, dll; (4) Sistem asesmen global: TIMMS, PISA, & PIERLS; (5) Teacher Development Program (TPD) di berbagai Negara dalam konteks Continuous Professional Development (CPD); (6) Perkembangan Psikologi kognitif: Kecerdasan emosional, kecerdasaran jamak (multiple intelligent) (7) Peranan ICT dalam perkembangan dan kemajuan Pendidikan.

Tanggung Jawab/sikap:

Mahasiswa dapat mengelola, melaksanakan proses dan dapat dipercaya serta dapat diberi tanggung jawab mengimplementasikan isu-isu terkini dunia pendidikan secara kontinu dan akuntabel dalam tugas profesionalnya.

4. MKIP 814102 2 SKS     Kurikulum  dan pembelajaran

Mata kuliah ini membahas hakekat, landasan, kerangka sistemik,operasional dan praksis pengembangan kurikulum dan pembelajaran dalam konteks dunia persekolahan dan pelatihan. Mengembangkan berbagai konsep dan empirik tentang model dan kasus pengembangan kurikulum dan pembelajaran IPS di berbagai negara sehingga diperoleh wawasan yang utuh dan menyeluruh yang pada gilirannya dapat digunakan dalam membimbing atau melakukan pengembangan kurikulum dan pembelajaran IPS dalam konteks otonomi kurikulum di Indonesia.

5. MPS 814101 3 sks      Ilmu Pengetahuan sosial

Mendeskripsikan IPS sebagai kajian terpadu  permasalahan sosial dan kemanusiaan yang dikemas secara ilmiah psikologis untuk tujuan pendidikan. Memahami hakekat P-IPS , tujuan, ruang lingkup, dan kegunaaanya serta struktur P-IPS  untuk tujuan pembelajaran di sekolah dan LPTK (SD s/d LPTK) baik secara disipliner maupun interdisipliner dalam rangka membentuk peserta didik yang memahami permasalahan sosial serta mampu mengambil keputusan (decision making)secara tepat.

6. MPS 814102 3 sks      Desain pembelajaran dan pendekatan IPS terpadu

Matakuliah ini mengkaji, menganalisis, dan mengevaluasi berbagai teori

pembelajaran dan berbagai desain model pembelajaran IPS. Guna memberikan

bekal yang lengkap dalam membuat desain pembelajaran IPS, maka kepada

mahasiswa juga diberikan materi tentang taksonomi pembelajaran IPS,

pendekatan scientific pembelajaran IPS agar pembelajaran yang dilaksanakan

menjadi lebih bermakna. Disamping itu mata kuliah ini juga mengembangkan model-model pembelajaran terpadu yang mejadi karakter pendidikan IPS . Dengan berbagai kajian tersebut, pada akhirnya mahasiswa dapat merancang suatu desain pembelajaran dan model  IPS terpadu pada  tingkat satuan pendidikan  dan menghasilkan pembelajaran yang bermakna.

7. MPS 814201 2 SKS     Assesmen Pembelajaran IPS

Mata kuliah ini mengembangkan  berbagai jenis penilaian pembelajaran baik tes maupun non tes seperti penialain kerja, penilaian kinerja, penilaian proses, penilaian sikap, penilaian portofolio, penilaian proyek , tes tertulis dsb. Yang didasari oleh pemahaman hakekat assesment dan kemampuan menyusun instrumen penilaian yang baik, tepat, reliabel,  dan sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan penilaian hasil belajar peserta didik, sehingga dapat mengambil  keputusan pembelajaran yang tepat sesuai dengan hakekat, perkembangan dan kemampuan sehingga mencerminkan  keberhasilan peserta didik secara adil.

8. MPS 814202 2 SKS     Pendidikan Nilai, moral, dan karakter bangsa

Memahami Hakekat, struktur, konsep, dan  strategi pendidikan nilai, moral, dan karakter  bangsa termasuk hukum dan politik sebagai dasar mengembangkan kemampuan dan kesadaran serta kecakapan hidup sebagai individu, anggota masyarakat, dan warga negara yang bermoral dan berkarakter baik dan bertanggungjawab. Oleh karena itu perkuliahan memperhatikan kepentingan program pendidikan yaitu membekali pengetahuan, nilai, dan sikap, serta ketrampilan dan tindakan  sebagai ahli P-IPS, anggota masyarakat, dan atau pendidikan lanjut.

9. MPS 814203 3 SKS     `Studi sosial masalah geosfer

Mata kuliah ini secara umum  menstudi sosial secara komprehensip dengan tema –tema pokok bersumber  dari masalah geosfer (lithosfer, hydrosfer, biosfer, atmosfer, antroposfer) yang dikemas secara ilmiah psikologis untuk tujuan pendidikan. Oleh karenanya kajian tersebut  dikembangkan menurut kaidah keilmuan (scientific disiplin) ilmu geografi , diantaranya konsep dasar geografi, geografi regional, geografi pembangunan, geografi penduduk, geografi lingkungan dsb.  Namun dalam penyajiannya harus memperhatikan kepentingan program pendidikan yaitu membekali pengetahuan, sikap dan nilai serta  ketrampilan   geografimahasiswa  untuk menjadi ahli Pendidikan IPS, anggota  masyarakat dan atau pendidikan lanjut.

10. MPS 814204 Studi sosial masalah ekonomi dan KWU

Mata kuliah ini secara umum  menstudi sosial secara komprehensip  dengan tema –tema pokok bersumber  dari masalah ekonomi, bisnis dan kewirausahaan  yang dikemas secara ilmiah psikologis untuk tujuan pendidikan. Oleh karenanya kajian tersebut dikembangkan menurut kaidah keilmuan (scientific disiplin) ilmu ekonomi, diantaranya konsep dasar ekonomi,, ekonomi mikro, ekonomi makro, ekonomi kreatif, ekonomi pembangunan, akuntansi, keuangan dan perbankan,  ekonomi syariah, ekonomi internasional dsb.  Namun dalam penyajiannya harus memperhatikan kepentingan program pendidikan yaitu membekali pengetahuan, sikap dan nilai serta  ketrampilan   ekonomi dan kewirausahaan mahasiswa untuk menjadi ahli pendidikan IPS, anggota  masyarakat dan atau pendidikan lanjut.

11. MPS 814205 Studi sosial masalah etnisitas dan nasionalisme

Mata kuliah ini secara umum  menstudi sosial secara komprehensip  dengan tema –tema pokok bersumber  dari masalah etnisitas dan nasionalisme  yang dikemas secara ilmiah psikologis untuk tujuan pendidikan. Oleh karenanya kajian tersebut dikembangkan menurut kaidah keilmuan (scientific disiplin) ilmu sejarah dan antropologi , diantaranya konsep dasar sejarah, antropologi, sejarah kebudayaan,multibudaya , sejarah nasional Indonesia, sejarah antar bangsa, dan pergerakan nasional dalam kerangka menjaga keutuhan bangsa dan negara dsb.  Namun dalam penyajiannya harus memperhatikan kepentingan program pendidikan yaitu membekali pengetahuan, sikap dan nilai serta  ketrampilan   sejarah dan antropologi bagi mahasiswa untuk menjadi ahli pendidikan IPS, anggota masyarakat  dan atau pendidikan lanjut.

12. MPS 814206 Studi sosial masalah perubahan sosial dan globalisasi

Mata kuliah ini secara umum  menstudi sosial secara komprehensip dengan tema –tema pokok bersumber  dari masalah sosial kemasyarakatan  yang dikemas secara ilmiah psikologis untuk tujuan pendidikan. Oleh karenanya kajian tersebut  dikembangkan menurut kaidah keilmuan (scientific disiplin) ilmu sosiologi , diantaranya konsep dasar sosiologi, sosiologi pembangunan,  struktur sosial, interaksi sosial, perubahan sosial, dan globalisasi dsb.  Namun dalam penyajiannya harus memperhatikan kepentingan program pendidikan yaitu membekali pengetahuan, sikap dan nilai serta  ketrampilan   bidang sosiologi bagi mahasiswa untuk menjadi ahli P-IPS,  terjun di masyarakat dan atau pendidikan lanjut.

13. MPS 814301 Pilihan :

IPS pendidikan dasar,

IPS Pendidikan Menengah, dan

IPS pendidikan tinggi (LPTK)*

Mata kuliah pilihan ini merupakan representasi  dan konstruksi kemampuan minimal yang harus dimiliki mahasiswa dan alumni  P-IPS sesuai dengan bidang pendidikan, pekerjaan, dan sertifikasi profesinya sebagai guru tingkat SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA dan dosen di perguruan tinggi (LPTK) atau pekerja lainnya di masyarakat .

14. MPS 814103 Proposal Penelitian

Mata kuliah ini mengembangkan rancangan penelitian  untuk tesis dan bersinergi dengan mata kuliah metodologi penelitian. Penyusunan proposal penelitian ini terbimbing secara intensif langsung oleh dosen  PA sekaligus sebagai salah satu pembimbing tesis, sehingga tidak ada tatap muka kelas. Pada akhir kontrak mata kuliah ini harus menghasilkan rencana tesis yang dapat dilanjutkan konsultasi dengan tim pembimbing tesis lainya dan diseminarkan setelah kontrak  mata kuliah seminar pada semester berikutnya dibawah koordinasi  ketua program pascasarjana pendidikan IPS.

15. MPS 814207 Seminar

Mata kuliah ini merupakan lanjutan mata kuliah proposal penelitian,  sehingga  seminar ini harus memperkaya  dan menyempurnakan proposal tesis.  Untuk itu mata kuliah ini dilakukan tatap muka kelas  secara terprogram yang meliputi kegiatan akses internet, jurnal , mengikuti kegiatan seminar lokal, nasional ataupun internasional secara tercatat dan memiliki bukti sertifikat atau surat keterangan sejenis.

16. MPS 814302 Penelitian dan penulisan laporan

Mata kuliah ini mengembangkan kegiatan penelitian  dari rencana tesis yang telah diseminarkan. Mata kuliah ini juga mengembangkan perangkat atau instrumen  penelitian yang merupakan turunan dari variabel yang diteliti. Selanjutnya peneliti mengambil data menggunakan instrumen dan mengolah serta  menganalisis sesuai dengan pendekatan penelitian yang akhirnya menghasilkan laporan penelitian tesis.

17. MPS 814401 Karya Ilmiah

Mata kuliah ini mengembangkan kegiatan penulisan karya ilmiah secara terbimbing oleh dosen  pembimbing dalam bentuk jurnal atau makalah ilmiah yang diterbitkan di tingkat lokal, nasional, atau internasional.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *