Sarana Prasarana Unila

Kantor Administrasi Pusat

Kantor Administrasi Pusat Merupakan pusat kegiatan akademik administrasi Universitas Lampung. Gedung ini dipergunakan sebagai kantor Rektor, Pembantu Rektor I, Pembantu Rektor II, Pembantu Rektor III, dan Pembantu Rektor IV. Selain itu gedung ini dipergunakan pula untuk Kantor Lembaga Penelitian; Lembaga Pengabdian Kepad Masyarakat; UPT Pusat Komputer; dan UPT Kebun Percobaan. Kedua Biro yaitu BAAKPSI dan BAUK juga berkantor disini.

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)

BAAK adalah pembantu pimpinan Unila di bidang administrasi akademik dan kemahasiswaan, yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Rektor dan sehari-hari pembinaannya dilakukan oleh Pembantu Rektor I (yang menyangkut administrasi akademik), oleh Pembantu Rektor III (yang menyangkut administrasi kemahasiswaan).

Kantor Administrasi Fakultas dan Jurusan

Pada Tahun Akademik 2003/2004 Universitas Lampung memiliki tujuh fakultas dan satu program pendidikan dokter. Pada setiap Fakultas terdapat gedung kantor yang ditempati oleh Dekan., Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan II, Pembantu Dekan III, Kepala Tata Usaha Fakultas, Pegawai-Pegawai lainya. Pada kantor ini diselenggarakan kegiatan administrasi akademik dan kemahasiswaan serta administrasi umum. Selain kantor administrasi fakultas, terdapat pula kantor jurusan sebagai tempat Dosen melaksanakan tugas membimbing para mahasiswa dan kegiatan administrasi di tingkat jurusan.

Ruang Kuliah, Laboratorium/Studio, Bengkel

Pada tiap fakultas terdapat berbagai gedung dengan berbagai fungsi, antara lain ruang kuliah, laboratorium/studio, dan pada fakultas tertentu terdapat Bengkel seperti di Fakultas Teknik. Di beberapa ruang kuliah tertentu dilengkapi dengan sarana pendidikan meliputi overhead projector, papan tulis white board, serta kursi kuliah yang diatur secara baik untuk membantu kegiatan proses belajar mengajar agar berlangsung dengan baik. Tempat Praktek mahasiswa meliputi laboratorium/studio dan bengkel yang dilengkapi dengan peralatan memadai sesuai dengan bidang studi masing-masing.

UPT Perpustakaan

Sarana pendukung kegiatan belajar mengajar mutlak dibutuhkan oleh setiap universitas seperti halnya perpustakaan. Berbagai judul buku dengan berbagai bidang ilmu, dan dengan jumlah exemplar yang memadai, perpustakaan melayani mahasiswa, dosen, serta karyawan untuk mendapatkan buku bacaan sesusai dengan bidang ilmu masing-masing. Perpustakaan dengan gedungnya yang megah serta peralatan yang relatif memadai diharapkan mampu melayani para pemakai dengan sebaik-baiknya. Judul koleksi buku di perpustakaan Unila saat ini adalah 64.918, dengan rincian IPA/murni 9.512, IPS 25.080, Agama 2.219, Umum 3.187, Filsafat 1.068, Bahasa 1.390, Ilmu Pengetahuan Praktis/Teknologi 18.082, Kesenian, Hiburan, Olahraga 1.375, Kesusteraan 1.165, Sejarah, Geografi, dan Ilmu Bumi 1.840. Jurnal sebanayak 1.016 judul dengan jumlah 1.911 eksemplar, majalah sebanyak 2.264 judul dengan jumlah 3.499 eksemplar, koleksi CD-ROM sebanyak 31 judul dengan jumlah 74 eksemplar, dan koleksi skripsi/karya ilmiah Mahasiswa sebanayak 16.848 judul dengan jumlah 16.848 eksemplar.
UPT Pusat Komputer

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Komputer

Berfungsi membantu pelayanan kegiatan universitas meliputi administrasi akademik dan administrasi umum. Di bidang administrasi akademik, UPT pusat Komputer menyelenggarkan kegiatan administrasi akademik meliputi registrasi akademik mahasiswa,pengolahan nilai mahasiswa, dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan administrasi mahasiswa serta dosen. Di bidang administrsi umum, membantu pengolahan data kepegawaian, keuangan, administsrsi umum, dan berbagai kegiatan lainya.
Dibidang keuangan,UPT Pusat Komputer antara lain mengolah data gaji, dan di bidang lain juga mengolah administrsi kepegawaian.

UPT Balai Bahasa

Unit Pelaksana Teknis (UPT) balai bahasa dengan pelataran yang relatif cukup memadai berusaha meningkatkan kemampuan berbahasa terutama bahasa inggris bagi dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum. Dalam usaha untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penguasaan bahasa inggris, UPT Balai Bahasa meningkatkan mutu sarana maupun prasarana, seperti ruang yang representatif serta peralatan laboratorium bahasa yang cukup memadai.

UPT Kebun Percobaan

Universitas Lampung memiliki lahan kebun percobaan seluas 72,5 ha, yang dipergunakan sebagai tempat mahasiswa dan dosen Fakultas Pertanian melaksanakan penelitian. Kebun percobaan ini terletak di Desa Tanjungan, Kabupaten Lampung Selatan. Di samping itu, Pemda Lampung juga menghibahkan lahan seluas sekitar 100 ha di Lampung Barat.

UPT Pelayanan Pendidikan

Unit Pelayanan Pendidikan adalah unit pelaksana teknis dengan fungsi utama mengembangkan media dan sarana pendidikan untuk mendapatkan efektifitas proses belajar mengajar melalui pengembangan sistem pembelajaran. Unit pelayanan pendidikan juga berfungsi sebagai tempat latihan untuk meningkatkan keterampilan mengajar bagi dosen maupun mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Di UPT Pelayanan Pendidikan ini para pengguna media pendidikan dilatih untuk menggunakan peralatan pendidikan.

Mata Kuliah Umum (MKU) dikoordinasikan oleh UPT pepalayanan pendidikan yang mengkoordinasikan kelompok MKU dan melaksanakan pembinaan karier para dosen MKU. Sehari-harinya dibina oleh pembantu rektor I, dan saat ini berkantor bersama dalam sebuah gedung dengan UPT Balai Bahasa.

UPT Fasilitas Olahraga

UPT Fasilitas Olahraga adalah UPT yang mengkoordinasikan fasilitas keolahragaan termasuk mengatur penggunaan serta pemeliharaanya. Dengan adanya UPT ini diharapkan olahraga di kampus, terutama bagi mahasiswa dapat berjalan secara maksimal.

UPT Pusat Jaringan Ketenagakerjaan

Unit Pelayanan Teknis Pusat Jaringan Ketenagakerjaan bertugas untuk membantu para alumni/lulusan Unila untuk mendapatkan pekerjaan yang cepat dan tepat sesuai dengan bidangnya. UPT PJK menyelenggarakan pelatihan-pelatihan tentang kiat mencari pekerjaan. Dengan adanya UPT ini diharapkan dapat menjembatani antara pencari kerja (lulusan) dengan para pengguna tenaga kerja/dunia industri.

UPT Percetakan dan Penerbitan

Unit pelaksana Teknis Percetakan dan Penerbitan Universitas Lampung menempati lantai dasar sebuah gedung, bersama-sama dengan UPT perpustakaan. Unit ini bertugas mencetak buku-buku serta berbagai cetakan lainya, terutama untuk melayani kebutuhan di lingkungan Universitas Lampung termasuk fakultas –fakultas . Selain itu menertibkan pula buku-buku yang di tulis oleh para dosen Univeritas Lampung

SARANA UMUM

Gedung Serba Guna (GSG) yang cukup megah sesuai dengan namanya, digunakan dalam berbagai kegiatan, antara lain kuliah umum, kegiatan wisuda, olahraga, dan kegiatan lain terutama oleh mahasiswa Univeristas Lampung.
Selain itu, gedung ini di izinkan pula untuk dipergunakan oleh lembaga pendidikan lain bahkan masyarakat umum dapat pula menggunakannya dengan persyaratan-persyaratan tertentu.

Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM)
Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa dipergunakan untuk kegiatan para mahasiswa dalam berorganisasi intra universitas baik yang bersifat teknologi maupun seni. Di gedung ini terdapat Kantor Dewan Mahasiswa Universitas Lampung, Pramuka, Koperasi Mahasiswa, dan Menwa. Berbagai kegiatan kesenian dan pameran, misalnya filateli diselenggarakan di gedung ini.

Sarana Olah Raga
Untuk membina mahasiswa dalam bidang olah raga, berbagai faslitas olahraga telah dimiliki unila. Fasilitas olahraga tersebut antara lain : kolam renang, lapangan sepak bola, lapangan tenis, lapangan voli, lapangan hoki, bahkan padepokan yudo telah berdiri megah pula. Dengan sarana olah raga yang telah ada diharapkan dapat dihasilkan olahragawan yang berprestasi nasional maupun internasional.

Kantor Pos
Universitas Lampung memiliki mahasiswa dari berbagai daerah, oleh karna itu keberadaan kantor pos sangat membantu mahasiswa dalam berhubungan dengan keluarganya. Selain itu disadari pula bahwa Universitas Lampung semakin besar dan konsekuensinya membutuhkan jasa pelayanan pos. Karena itu kantor pos diberi prioritas untuk membangun gedung di lingkungan kampus.

BNI Kantor Cabang Pembantu Unila
Jasa bank sangat dibutuhkan oleh Universitas Lampung maupun masyarakat kampus. Oleh karena itu BNI diizinkan untuk membuka Kantor Cabang Pembantu di kampus Unila. Bank ini dibutuhkan untuk memperlancar lalu lintas keuangan baik bagi Unila, dosen, dan mahasiswanya.

Wisma Tamu
Unila memilki wisma tamu yaitu tempat penginapan bagi para dosen, atau masyarakat terutama yang berhubungan dengan Universitas Lampung. Wisma tamu ini terutama digunakan untuk menamapung para dosen dari perguruan tinggi lain yang melakukan kegiatan di Universitas Lampung, antara lain seminar, lokarya, serta kegiatan-kegiatan lainya. Wisma tamu ini juga dapat dipergunakan oleh pihak lain yang membutuhkan.

Toko Koperasi
Sebagai wadah untuk berlatih dibidang bisnis bagi mahasiswa, Koperasi Mahasiswa yang bertempat di Gedung Kegiatan Kemahasiswaan sangat membantu bagi para mahasiswa dalam memenuhi keperluan kuliah, antara lain buku-buku, jasa fotokopi, rental komputer, dan berbagai kebutuhan lainya. Selain koperasi mahasiswa, KPN Bina Dharma yaitu koperasi pegawai Universitas Lampung juga membuka toko dengan melayani kebutuhan para pegawai dan mahasiswa. Dalam toko tersebut disajikan berbagai kebutuhan pegawai dan keluarganya. Selain itu, kebutuhan mahasiswa sperti jasa fotokopi, kios telepon, serta kebutuhan lain.

Kafetaria  dan Kantin
Untuk membantu keperluan makan siang bagi para mahasiswa maupun pegawai, Dharma Wanita Universitas Lampung membuka kafetaria dan kantin yang bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Kemahasiswaan. Kafetaria dan kantin ini dibuka dengan maksud antara lain membantu pemenuhan gizi dengan harga yang terjangkau sehingga mereka tidak perlu jauh meninggalkan tempat tugas.

Masjid Al-Wasi’i
Bangunan masjid yang megah dan luas didirikan di kampus Universitas Lampung dimaksudkan untuk meningkatkan pembinaan kerohanian bagi masyarakat kampus yaitu dosen, mahasiswa, serta masyarakat di sekitarnya. Masjid ini dikelola oleh para dosen, mahasiswa, dan pegawai. Berbagai kegiatan keagamaan baik yang ditujukan bagi sivitas akademika maupun masyarakat umum dapat dilaksanakan.

Taman Kanak-Kanak
Dharma Wanita Universitas Lampung dalam salah satu kegiatanya mendirikan Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Universitas Lampung. Taman Kanak-kanak tersebut, selain menampung putra-putri para dosen, dan pegawai Universitas Lampung dapat ikut mencerdaskan bangsa.

Tempat Parkir
Dengan jumlah pegawai dan mahasiswa yang cukup banyak, kebutuhan tempat parkir sangat diperlukan oleh Universitas Lampung. Tempat parkir yang aman dengan suasana yang terlindungi oleh pepohonan banyak tersedia di berbagai unit kerja. Khusus parkir sepeda motor disediakan tersendiri untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lints kampus.

Transportasi ke Kampus Universitas Lampung
Universitas Lampung dapat dijangkau dengan mudah dengan berbagai kendaraan umum, baik bus, taksi, maupun kendaraan pribadi. Berdampingan dengan kampus Universitas Lampung, terdapat Terminal induk bis Rajabasa, sehingga dengan kendaraan umum dalam kota, kampus Universitas Lampung dengan cepat dapat terjangkau.

 

 

UNIVERSITAS LAMPUNG DALAM ANGKA Luas Ruang Dosen dan Ruang Kerja Administrasi Tabel : 54
Universitas Lampung Lembar : 01
Tahun 2005 – 2009
No Fakultas/Jenis Ruang 2005 (m2) 2006 (m2) 2007 (m2) 2008 (m2) 2009 (m2)
1 FAK. EKONOMI
a. R. Kerja Dosen 660 660 660 660 660
b. R. Kerja Administrasi 779 779 779 779 779
c. R. Lain-lain 1879 1879 1879 1879 1879
2 FAK. HUKUM
a. R. Kerja Dosen 857 857 857 857 857
b. R. Kerja Administrasi 424 424 424 424 424
c. R. Lain-lain 1974 1974 1974 1974 1974
3 FAK. KIP
a. R. Kerja Dosen 1770 1770 1770 1770 1770
b. R. Kerja Administrasi 1294 1294 1294 1294 1294
c. R. Lain-lain 4084 4084 4084 4084 4084
4 FAK. PERTANIAN
a. R. Kerja Dosen 2226 2226 2226 2226 2226
b. R. Kerja Administrasi 1152 1152 1152 1152 1152
c. R. Lain-lain 1016 1016 1016 1016 1016
5 FAK. TEKNIK
a. R. Kerja Dosen 1037 1037 1037 1037 1037
b. R. Kerja Administrasi 1421 1421 1421 1421 1421
c. R. Lain-lain
6 FAK. ISIP
a. R. Kerja Dosen 423 423 423 423 423
b. R. Kerja Administrasi 416 416 416 416 416
c. R. Lain-lain 558 558 558 558 558
7 FAK. MIPA
a. R. Kerja Dosen 468 468 468 468 468
b. R. Kerja Administrasi 301 301 301 301 301
c. R. Lain-lain 4014 4014 4014 4014 4014
8 PS. KEDOKTERAN
a. R. Kerja Dosen 120 120 120 120 120
b. R. Kerja Administrasi 100 100 100 100 100
c. R. Lain-lain
9 KPA
a. R. Kerja Dosen
b. R. Kerja Administrasi 9363 9363 9363 9363 9363
c. R. Lain-lain 10929 10929 10929 10929 10929
Rata-Rata UNILA
a. R. Kerja Dosen 6689 6689 6689 6689 6689
b. R. Kerja Administrasi 15989 15989 15989 15989 15989
c. R. Lain-lain 30143 30143 30143 30143 30143

 

Laboratorium

UNIVERSITAS LAMPUNG LUAS RUANG LABORATORIUM Tabel : 55
UNIVERSITAS LAMPUNG Lembar : 01
DALAM ANGKA TAHUN 2009
No Fakultas FE (m2) FH (m2) FKIP (m2) FP (m2) FT (m2) FISIP (m2) FMIPA (m2) PSPD (m2)
1 Ruang Kuliah 1609.67 5,070 2114.12 2,141.62 2002.05
2 Laboratorium 176.31 712 13,064.26 292.97 7,001
3 Perpustakaan 72.79 672 224.64 81.25 151.2
4 Ruang Studio 193.2 14.3
5 Kegiatan Kemahasiswaan 104.4 54 72 199.76 236.245
6 Ruang Dosen 886 763.84 1,988 517.86 549.9
7 Kantor/Administrasi 487.03 943 1396.26 640.52 673.61
8 Ruang Serbaguna 83.41
9 Ruang Olahraga
10 Ruang Penelitian 19.45
11 Ruang Pengabdian Masyarakat 43.5 19.45
12 Ruang Percetakan 34.31
13 Koperasi Mahasiswa
14 Bursa Mahasiswa
15 Poliklinik
16 Sarana Ibadah 16.24 166 120
17 Kantin 35
18 Toilet 243 447 441 268.8

 

Luas Dan Lokasi

 

UNIVERSITAS LAMPUNG LUAS LOKASI GEDUNG DAN TANAH MILIK UNIVERSITAS LAMPUNG Tabel : 56
BERDASARKAN GEDUNG DAN PERUNTUKANNYA Lembar : 01
DALAM ANGKA TAHUN 2009
No NAMA GEDUNG Luas (M2) No LOKASI TANAH Luas (M2)
1 Gedung Perkantoran 21.223 m2 1 Kampus Gedung Meneng 700.000 m3
2 Gedung Kuliah Fak. Ekonomi 5.880 m2 2 Tanah Kampus PGSD Tanjung Karang 25.000 m2
3 Gedung Kuliah Fak. Hukum 4.550 m2 3 Tanah Kampus PGSD Metro 42.250 m2
4 Gedung Kuliah Fak. Teknik 13.987 m2 4 Tanah Perumahan Tanjung Gading 3.550 m2
5 Gedung Kuliah Fak. KIP 9.582 m2 5 Tanah Perumahan Cimeng 3.561 m2
6 Gedung Kuliah Fak. Pertanian 4.292 m2 6 Tanah Perumahan Gunung Mas 4.720 m2
7 Gedung Kuliah Fak. MIPA 1.600 m2 7 Tanah SMU Unila 2.917 m2
8 Gedung Kuliah Fak. ISIP 6.870 m2 8 Tanah Persiapan Fakultas Kedokteran 21.209 m2
9 Gedung Kuliah PGSD Tanjung Karang 2.032 m2 9 Tanah Kebun Percobaan di Lampung Barat 200.000 m2
10 Gedung Kuliah PGSD Metro 9.321,7 m2 10 Tanah Kebun Percobaan di Lampung Selatan 30.000 m2
11 Gedung Lab/Bengkel FKIP 1.800 m2 11 Tanah Kebun Percobaan di Tanjung Karang Barat 55.463 m2
12 Gedung Lab/Bengkel FP 10.524 m2 12
13 Gedung Lab/Bengkel FT 21.223 m2 13
14 Gedung Lab/Bengkel FMIPA 9.000 m2 14
TOTAL 121.885 m2 TOTAL 1,088,670 m2

 

Alat Bantu

 

UNIVERSITAS LAMPUNG JENIS ALAT BANTU PEMBELAJARAN TAHUN 2009 Tabel : 57
UNIVERSITAS LAMPUNG Lembar : 01
DALAM ANGKA TAHUN 2009
No Unit Kerja LCD CHIP Slide Projector Wireless Sound System Kamera Video Video Player VCD Player Tape Recorder Layar Komputer
PC LAN
A. REKTORAT 17 3 1 16 5 5 2 3 14 203 101
B. FAKULTAS EKONOMI 14 10 0 12 1 0 4 0 8 127 155
C. FAKULTAS HUKUM 19 13 0 11 2 0 0 3 17 39 42
D. FAKULTAS KIP 38 71 5 12 8 6 2 44 9 150 33
E. FAKULTAS PERTANIAN 16 55 16 11 1 0 2 2 12 269 4
F. FAKULTAS TEKNIK 20 6 0 1 1 0 0 0 5 35 10
G. FAKULTAS ISIP 10 18 0 16 4 1 1 2 8 45 8
H. FAKULTAS MIPA 4 17 0 2 0 1 1 1 6 205 171
I. PS. KEDOKTERAN 6 6 0 4 3 0 0 0 4 24 2
J. LEMBAGA PENELITIAN 2 1 1 1 0 0 0 0 1 15 13
K. LEM. PENGABDIAN MASY 0 0 0 1 0 0 0 0 1 3 0
L. UPT. PUSKOM 5 0 0 3 0 0 0 0 2 149 149
M. UPT. BALAI BAHASA 2 1 0 2 1 3 2 3 1 7 0
N. UPT. P. PENDIDIKAN 2 3 1 2 2 0 2 2 1 10 2
O. UPT. PERPUSTAKAAN 1 0 1 1 1 1 0 1 1 40 30
JUMLAH 156 204 25 95 29 17 16 61 90 1321 720

Koleksi Perpustakaan

 

UNIVERSITAS LAMPUNG JUMLAH JUDUL BUKU KOLEKSI PERPUSTAKAAN Tabel : 58
UNIVERSITAS LAMPUNG Lembar : 01
DALAM ANGKA TAHUN 2009
TAHUN
No Kelompok Ilmu 2005 2006 2007 2008 2009
A. IPA / Murni 7,342 8,435 20,093 9,619 10,051
B. IPS 30,578 38,426 20,570 38,856 40,274
C. AGAMA 2,224 2,321 2,684 2,553 2,561
D. UMUM 2,371 3,197 2,504 2,276 2,310
E. FILSAFAT 1,464 1,239 1,196 1,641 1,679
F. BAHASA 2,053 2,157 7,822 2,204 2,240
G. ILMU PENG. PRAKTIS / TEKNOLOGI 26,396 17,384 16,520 29,705 30,327
H. KESENIAN. HIBURAN. OLAHRAGA 1,242 1,365 2,078 1,402 1,436
I. KESUSASTERAAN 1,463 765 2,885 1,940 1,966
J. SEJARAH. BIOGRAFI. dan ILMU BUMI 184 1,893 2,801 2,121 2,122
JUMLAH 75,317 77,182 79,153 92,317 94,966

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *