Deskripsi Mata Kuliah

DESKRIPSI MATA KULIAH (KURIKULUM 2014)

UNI 814101 2 SKS     Filsafat Ilmu

Memahami hakekat ilmu, struktur ilmu, kaidah ilmiah, dan berfikir ilmiah. Mengkaji berbagai aliran filsafat pendidikan dan ilmu sosial sebagai dasar pengembangan program pendidikan disiplin ilmu  sosial dan pendidikan IPS di sekolah, dan mengembangkan paradigma berpikir ilmiah dalam kaitannya dengan tingkat peradaban manusia.

UNI 814102 2 sks      Metodologi Penelitian

Memahami berbagai metode dan pendekatan penelitian (kuantitatif dan kualitatif) dalam bidang P-IPS, untuk memecahkan berbagai permasalahan sosial dan pendidikan IPS dengan membiasakan diri berfikir inquiry, kritis dan kreatif dengan dibantu kemampuan statistik  deskriptif dan inferensial yang memadai sehingga mampu membangun kepekaan terhadap masalah sosial dan mampu meneliti dan mengambil keputusan empiris dan prediktif (generalitatif) sehingga kebenaran ilmiah dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

MKIP 814101 2 SKS     Wawasan Pendidikan

Kegiatan/Psikomotor:

Dalam perkuliahan ini mahasiswa, dalam lingkup keluasan cakupan (ekstensif) dan kedalaman kajian (intensif), diberi kesempatan dan peluang untuk membangun pemahaman dan teori tentang wawasan kependidikan melalui berbagai kegiatan meliputi:kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat mengembangkan wawasan kependidikan, melakukan sintesis-sintesis untuk menghasilkan ide-ide baru pengembangan pendidikan di tanah air,dan membangun struktur pengetahuan kependidikan secara komprehensif melalui kajian analitik isu dan perkembangan dunia pendidikan.

Pengetahuan:

Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan dan pelayanan kepada mahasiswa untuk melakukan analisis dan membangun pemahaman dan teori  perkembangan dan isu-isu pendidikan nasional dan global. Kajian perkuliahan meliputi: (1) Persoalan-persoalan Pokok pendidikan nasional: Kurikulum, UN, Disparitas Mutu, APM & APK, dll; (2) Pendidikan Sebagai Indikator Human Development Index (HDI); (3) Isu Pembangunan Pendidikan Global: Education For All , International Educational Standard, AFTA, APEC, dll; (4) Sistem asesmen global: TIMMS, PISA, & PIERLS; (5) Teacher Development Program (TPD) di berbagai Negara dalam konteks Continuous Professional Development (CPD); (6) Perkembangan Psikologi kognitif: Kecerdasan emosional, kecerdasaran jamak (multiple intelligent) (7) Peranan ICT dalam perkembangan dan kemajuan Pendidikan.

Tanggung Jawab/sikap:

Mahasiswa dapat mengelola, melaksanakan proses dan dapat dipercaya serta dapat diberi tanggung jawab mengimplementasikan isu-isu terkini dunia pendidikan secara kontinu dan akuntabel dalam tugas profesionalnya.

MKIP 814102 2 SKS     Kurikulum  dan pembelajaran

Mata kuliah ini membahas hakekat, landasan, kerangka sistemik,operasional dan praksis pengembangan kurikulum dan pembelajaran dalam konteks dunia persekolahan dan pelatihan. Mengembangkan berbagai konsep dan empirik tentang model dan kasus pengembangan kurikulum dan pembelajaran IPS di berbagai negara sehingga diperoleh wawasan yang utuh dan menyeluruh yang pada gilirannya dapat digunakan dalam membimbing atau melakukan pengembangan kurikulum dan pembelajaran IPS dalam konteks otonomi kurikulum di Indonesia.

MPS 814101 3 sks      Ilmu Pengetahuan sosial

Mendeskripsikan IPS sebagai kajian terpadu  permasalahan sosial dan kemanusiaan yang dikemas secara ilmiah psikologis untuk tujuan pendidikan. Memahami hakekat P-IPS , tujuan, ruang lingkup, dan kegunaaanya serta struktur P-IPS  untuk tujuan pembelajaran di sekolah dan LPTK (SD s/d LPTK) baik secara disipliner maupun interdisipliner dalam rangka membentuk peserta didik yang memahami permasalahan sosial serta mampu mengambil keputusan (decision making)secara tepat.

MPS 814102 3 sks      Desain pembelajaran dan pendekatan IPS terpadu

Matakuliah ini mengkaji, menganalisis, dan mengevaluasi berbagai teori

pembelajaran dan berbagai desain model pembelajaran IPS. Guna memberikan

bekal yang lengkap dalam membuat desain pembelajaran IPS, maka kepada

mahasiswa juga diberikan materi tentang taksonomi pembelajaran IPS,

pendekatan scientific pembelajaran IPS agar pembelajaran yang dilaksanakan

menjadi lebih bermakna. Disamping itu mata kuliah ini juga mengembangkan model-model pembelajaran terpadu yang mejadi karakter pendidikan IPS . Dengan berbagai kajian tersebut, pada akhirnya mahasiswa dapat merancang suatu desain pembelajaran dan model  IPS terpadu pada  tingkat satuan pendidikan  dan menghasilkan pembelajaran yang bermakna.

MPS 814201 2 SKS     Assesmen Pembelajaran IPS

Mata kuliah ini mengembangkan  berbagai jenis penilaian pembelajaran baik tes maupun non tes seperti penialain kerja, penilaian kinerja, penilaian proses, penilaian sikap, penilaian portofolio, penilaian proyek , tes tertulis dsb. Yang didasari oleh pemahaman hakekat assesment dan kemampuan menyusun instrumen penilaian yang baik, tepat, reliabel,  dan sesuai dengan kebutuhan pengukuran dan penilaian hasil belajar peserta didik, sehingga dapat mengambil  keputusan pembelajaran yang tepat sesuai dengan hakekat, perkembangan dan kemampuan sehingga mencerminkan  keberhasilan peserta didik secara adil.

MPS 814202 2 SKS     Pendidikan Nilai, moral, dan karakter bangsa

Memahami Hakekat, struktur, konsep, dan  strategi pendidikan nilai, moral, dan karakter  bangsa termasuk hukum dan politik sebagai dasar mengembangkan kemampuan dan kesadaran serta kecakapan hidup sebagai individu, anggota masyarakat, dan warga negara yang bermoral dan berkarakter baik dan bertanggungjawab. Oleh karena itu perkuliahan memperhatikan kepentingan program pendidikan yaitu membekali pengetahuan, nilai, dan sikap, serta ketrampilan dan tindakan  sebagai ahli P-IPS, anggota masyarakat, dan atau pendidikan lanjut.

MPS 814203 3 SKS     Studi sosial masalah geosfer

Mata kuliah ini secara umum  menstudi sosial secara komprehensip dengan tema –tema pokok bersumber  dari masalah geosfer (lithosfer, hydrosfer, biosfer, atmosfer, antroposfer) yang dikemas secara ilmiah psikologis untuk tujuan pendidikan. Oleh karenanya kajian tersebut  dikembangkan menurut kaidah keilmuan (scientific disiplin) ilmu geografi , diantaranya konsep dasar geografi, geografi regional, geografi pembangunan, geografi penduduk, geografi lingkungan dsb.  Namun dalam penyajiannya harus memperhatikan kepentingan program pendidikan yaitu membekali pengetahuan, sikap dan nilai serta  ketrampilan   geografimahasiswa  untuk menjadi ahli Pendidikan IPS, anggota  masyarakat dan atau pendidikan lanjut.

MPS 814204 Studi sosial masalah ekonomi dan KWU

Mata kuliah ini secara umum  menstudi sosial secara komprehensip  dengan tema –tema pokok bersumber  dari masalah ekonomi, bisnis dan kewirausahaan  yang dikemas secara ilmiah psikologis untuk tujuan pendidikan. Oleh karenanya kajian tersebut dikembangkan menurut kaidah keilmuan (scientific disiplin) ilmu ekonomi, diantaranya konsep dasar ekonomi,, ekonomi mikro, ekonomi makro, ekonomi kreatif, ekonomi pembangunan, akuntansi, keuangan dan perbankan,  ekonomi syariah, ekonomi internasional dsb.  Namun dalam penyajiannya harus memperhatikan kepentingan program pendidikan yaitu membekali pengetahuan, sikap dan nilai serta  ketrampilan   ekonomi dan kewirausahaan mahasiswa untuk menjadi ahli pendidikan IPS, anggota  masyarakat dan atau pendidikan lanjut.

MPS 814205 Studi sosial masalah etnisitas dan nasionalisme

Mata kuliah ini secara umum  menstudi sosial secara komprehensip  dengan tema –tema pokok bersumber  dari masalah etnisitas dan nasionalisme  yang dikemas secara ilmiah psikologis untuk tujuan pendidikan. Oleh karenanya kajian tersebut dikembangkan menurut kaidah keilmuan (scientific disiplin) ilmu sejarah dan antropologi , diantaranya konsep dasar sejarah, antropologi, sejarah kebudayaan,multibudaya , sejarah nasional Indonesia, sejarah antar bangsa, dan pergerakan nasional dalam kerangka menjaga keutuhan bangsa dan negara dsb.  Namun dalam penyajiannya harus memperhatikan kepentingan program pendidikan yaitu membekali pengetahuan, sikap dan nilai serta  ketrampilan   sejarah dan antropologi bagi mahasiswa untuk menjadi ahli pendidikan IPS, anggota masyarakat  dan atau pendidikan lanjut.

MPS 814206 Studi sosial masalah perubahan sosial dan globalisasi

Mata kuliah ini secara umum  menstudi sosial secara komprehensip dengan tema –tema pokok bersumber  dari masalah sosial kemasyarakatan  yang dikemas secara ilmiah psikologis untuk tujuan pendidikan. Oleh karenanya kajian tersebut  dikembangkan menurut kaidah keilmuan (scientific disiplin) ilmu sosiologi , diantaranya konsep dasar sosiologi, sosiologi pembangunan,  struktur sosial, interaksi sosial, perubahan sosial, dan globalisasi dsb.  Namun dalam penyajiannya harus memperhatikan kepentingan program pendidikan yaitu membekali pengetahuan, sikap dan nilai serta  ketrampilan   bidang sosiologi bagi mahasiswa untuk menjadi ahli P-IPS,  terjun di masyarakat dan atau pendidikan lanjut.

MPS 814301 Pilihan :

IPS pendidikan dasar,

IPS Pendidikan Menengah, dan

IPS pendidikan tinggi (LPTK)*

Mata kuliah pilihan ini merupakan representasi  dan konstruksi kemampuan minimal yang harus dimiliki mahasiswa dan alumni  P-IPS sesuai dengan bidang pendidikan, pekerjaan, dan sertifikasi profesinya sebagai guru tingkat SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA dan dosen di perguruan tinggi (LPTK) atau pekerja lainnya di masyarakat .

MPS 814103 Proposal Penelitian

Mata kuliah ini mengembangkan rancangan penelitian  untuk tesis dan bersinergi dengan mata kuliah metodologi penelitian. Penyusunan proposal penelitian ini terbimbing secara intensif langsung oleh dosen  PA sekaligus sebagai salah satu pembimbing tesis, sehingga tidak ada tatap muka kelas. Pada akhir kontrak mata kuliah ini harus menghasilkan rencana tesis yang dapat dilanjutkan konsultasi dengan tim pembimbing tesis lainya dan diseminarkan setelah kontrak  mata kuliah seminar pada semester berikutnya dibawah koordinasi  ketua program pascasarjana pendidikan IPS.

MPS 814207 Seminar

Mata kuliah ini merupakan lanjutan mata kuliah proposal penelitian,  sehingga  seminar ini harus memperkaya  dan menyempurnakan proposal tesis.  Untuk itu mata kuliah ini dilakukan tatap muka kelas  secara terprogram yang meliputi kegiatan akses internet, jurnal , mengikuti kegiatan seminar lokal, nasional ataupun internasional secara tercatat dan memiliki bukti sertifikat atau surat keterangan sejenis.

MPS 814302 Penelitian dan penulisan laporan

Mata kuliah ini mengembangkan kegiatan penelitian  dari rencana tesis yang telah diseminarkan. Mata kuliah ini juga mengembangkan perangkat atau instrumen  penelitian yang merupakan turunan dari variabel yang diteliti. Selanjutnya peneliti mengambil data menggunakan instrumen dan mengolah serta  menganalisis sesuai dengan pendekatan penelitian yang akhirnya menghasilkan laporan penelitian tesis.

MPS 814401 Karya Ilmiah

Mata kuliah ini mengembangkan kegiatan penulisan karya ilmiah secara terbimbing oleh dosen  pembimbing dalam bentuk jurnal atau makalah ilmiah yang diterbitkan di tingkat lokal, nasional, atau internasional.

 

DESKRIPSI MATA KULIAH (KURIKULUM 2012)

 1.      Filsafat Ilmu (UNI 812101)

Mengkaji konsep pengetahuan, struktur dan karakteristik ilmu, pengetahuan, logika pengetahuan dan berfikir kritis, masalah, pendekatan dan paradigma berfikir (pola berfikir), kajian dan penelitian tentang ilmu pengetahuan dan dimensi ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Memahami filsafat ilmu-ilmu sosial dan Ilmu pengetahuan sosial sebagai disiplin ilmu (scientific discipline) dan program pendidikan (programatic or synthetic discipline).

2.      Metodologi Penelitian (UNI 812102)

Mengkaji konsep dan prinsip dasar penelitian pendidikan IPS; struktur penelitian, latar belakang penelitian, masalah penelitian, tujuan penelitian, teori dalam penelitian, hipotesis penelitian, teknik pengumpulan dan pengolahan data penelitian, analisis data penelitian.jenis, metode, dan pendekatan penelitian; desain penelitian kuantitatif, 1. (penelitian eksperimen; validitas experiment, desain eksperimen, pre eksperimen, true eksperimen, dan quasi eksperimen); 2.(penelitian non eksperimen; penelitian deskriptif, penelitian korelasional, perbandingan, penelitian surve, penelitian expost pacto), Desain penelitian kualitatif; 1. Penelitian biografi, 2.Penelitian ethnografi, 3. Penelitian grounded theory, 4. Penelitian studi kasus, 5.Penelitian fenomenologi, 6.Penelitian tindakan, 7.Penelitian sejarah dan hermeneutik, 8.Penelitian kepustakaan/ library dan Review literatur.Penelitian tindakan, Penelitian evaluasi dan kebijakan, Penelitian dan Pengembangan (R and D).

3.      Studi Sosial (IPS) (MPS 812101)

Mengkaji latar belakang IPS, pengertian/ hakekat IPS, tujuan IPS,  manfaat IPS, ruang lingkup kawasan dan materi IPS, serta strategi pendidikan IPS. Mengkaji masalah-masalah sosial baik sebagai bidang kajian maupun untuk program pendidikan IPS.  Memahami metode kajian masalah sosial, dan pengambilan keputusan (decision making), serta program pendidikan IPS sebagai program pengembangan pengetahuan sosial, sikap dan perilaku sosial, ketrampilan sosial dan tindakan sosial. Mengkaji keterkaitan atau keterpaduan antara geografi, ekonomi, sejarah, politik, sosiologi-antropologi dalam rumpun studi sosial (ilmu pengetahuan sosial).Mengkaji masalah-masalah sosial dengan berbagai pendekatan untuk pengambilan keputusan (decision making) dan untuk program pendidikan di sekolah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK).

4.      Desain dan Model pembelajaran IPS (MPS 812102)

Membahas tentang berbagai disain dan model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS yang mencakup tentang model-model disain pembelajaran IPS, tahapan dalam merancang sistem pembelajaran, komponen utama disain pembelajaran, teori-teori pembelajaran dalam disain pembelajaran.

5.      Assesmen IPS (MPS 812 103)

Mata kuliah assesmsn ini membahas tentang model-model assesmen dan evaluasi, prinsip-prinsip penyelenggaraan asesmen dan evaluasi secara komprehensip dalam bidang pendidikan, juga nengkajiberbagai pendekatan penilaian terhadap program dan praktik pembelajaranguna menentukan tingkat keberhasilan dan sebagai umpan balik penyusunan program pembelajaran.

6.      Pendidikan Nilai, Moral, dan Karakter Bangsa (MPS 812104)

Mempelajari konsep nilai, konsep moral, dan program pendidikan karakter. Memahami dasar-dasar, struktur, konsep dan strategi kompetensi kewarganegaraan, termasuk kesadaran hukum, politik, sosial budaya dan nilai-nilai kesadaran global. Serta memahami masalah nilai moral dan karakter sebagai bagian dalam rumpun bidang kajian social (IPS)

7.      Statistik Aplikasi (MPS 812105)

Mengkaji konsep dasar, teoritik dan aplikasi statistik dalam pemecahan masalah-masalah pendidikan IPS. Jenis dan Teknik analisis statistik untuk pengujian hipotesis yang berkaitan dengan pemecahan masalah-masalah pendidikan IPS. Untuk mencapai tujuan tersebut mahasiswa dibekali: (1) penelitian dan statistik, (2) statistik deskriptif, (3) populasi dan sampel, (4) pengujian hipotesis, (5) analisis korelasi, (6) analisis uji beda, (7) analisis varian, (8) analisis regresi, (9) analisis jalur, (10) analisis faktor, (11) analisis kanonik, (13) analisis deskriminan, dan (14) analisis kovarian

8.      Sejarah, Masalah Nasionalisme, dan Globalisme(MPS 812106)

Mengkaji tentang konsep dasar Sejarah, Nasionalisme, dan Globalisme serta isu-isu dan masalah-masalah yang terkait dengan Sejarah, Nasionalisme, dan Globalisme dalam kontek pengembangan ilmu pengetahuan sosial.Serta memahami masalah sejarah nasionalisme, dan globalisme sebagai bagian dalam rumpun bidang kajian social (IPS)

9.      Ekonomi, masalah bisnis, dan kewirausahaan (MPS 812107)

Mengkaji tentang konsep dasar ekonomi, bisnis, dan kewirausahaan serta isu-isu dan masalah-masalah yang terkait dengan ekonomi, bisnis, dan kewirausahaan dalam kontek pengembangan ilmu pengetahuan sosial. Serta memahami ekonomi dan masalah bisnis kewirusahaan sebagai bagian dalam rumpun bidang kajian social (IPS)

10.    Sosiologi dan masalah multibudaya (MPS 812108)

Membahas tentang berbagai teori sosiologi; budaya dan masyarakat; sosialisasi dan interaksi; kelompok-kelompok sosial dan organisasi; kontrol sosial; stratifikasi sosial; perubahan sosial, perilaku, dan perpindahan dalam kontek pengembangan ilmu pengetahuan sosial.Masalah keragaman budaya dan berbagai eksesnya dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, baik nasional maupun internasional.Serta memahami sosiologi dan masalah multibudaya sebagai bagian dalam rumpun bidang kajian social (IPS)

11.   Geografi, Masalah  Lingkungan dan Kependudukan (MPS 812109)

Mengkaji tentang konsep dasar Geografi, penduduk dan Lingkungan serta isu-isu dan masalah-masalah yang terkait dengan Geografi, penduduk dan Lingkungan dalam kontek pengembangan ilmu pengetahuan sosial.Serta memahami geografi, masalah lingkungan dan kependudukan sebagai bagian dalam rumpun bidang kajian social (IPS)

12.    Proposal dan Seminar (MPS 812201)

Membahas proposal tesis yang telah dibuat oleh mahasiswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Program Pascasarjana Pendidikan IPS. Pembahasan yang harus dilakukan setidaknya mencakup latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, teori yang mendasari, hipotesis (sesuai dengan pendekatan yang digunakan), dan metode penelitian.

13.    Pengembangan Kompetensi IPS (MPS 812202)

Mengkaji berbagai permasalahan sosial untuk pengambilan keputusan (decision making) dan program pendidikan IPS serta implementasinya dalam rangka pengembangan keilmuan social dan program pendidikan IPS di sekolah baik kurikulum, program pembelajaran, maupun system penilaian di tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK serta LPTK.

14.    Mata Kuliah Konsentrasi Pilihan (MPS 812203)

Mengkaji secara mendalam dan menyeluruh materi konsentrasi yang dipilih (pendidikan geografi, pendidikan ekonomi ekonomi, pendidikan sosio-antro, pendidikan sejarah, pendidikan Pkn, dan pendidikan IPS).  Secara lengkapnya deskripsinya sebagai berikut:

a.      Pendidikan Geografi

Memahami Hakekat, struktur, konsep, dan  strategi Geografi, masalah lingkungan dan kependudukan sebagai program pendidikan disiplin ilmu dalam rumpun ilmu Pengetahuan sosial, dan mampu mengemas secara ilmiah, psikologis untuk tujuan pendidikan dan  pembelajaran di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, LPTK.

b.      Pendidikan Ekonomi

Memahami Hakekat, struktur, konsep, dan  strategi ilmu ekonomi, masalah bisnis dan kewirausahaan sebagai program pendidikan disiplin ilmu dalam rumpun ilmu Pengetahuan sosial, dan mampu mengemas secara ilmiah, psikologis untuk tujuan pendidikan dan  pembelajaran di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, LPTK.

c.      Pendidikan Sejarah

Memahami Hakekat, struktur, konsep, dan  strategi ilmu sejarah, masalah nasionalisme dan globalisme sebagai program pendidikan disiplin ilmu dalam rumpun ilmu Pengetahuan sosial, dan mampu mengemas secara ilmiah, psikologis untuk tujuan pendidikan dan  pembelajaran di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, LPTK.

d.      Pendidikan Sosiologi- Antropologi

Memahami Hakekat, struktur, konsep, dan  strategi sosiologi dan masalah multi budaya sebagai program pendidikan disiplin ilmu dalam rumpun ilmu Pengetahuan sosial, dan mampu mengemas secara ilmiah, psikologis untuk tujuan pendidikan dan  pembelajaran di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, LPTK.

e.      PKn

Memahami Hakekat, struktur, konsep, dan  strategi pendidikan kewarganegaraan (PKn) sebagai program pendidikan disiplin ilmu dalam rumpun ilmu Pengetahuan sosial, dan mampu mengemas secara ilmiah, psikologis untuk tujuan pendidikan dan  pembelajaran di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, LPTK.

f.       Pendidikan IPS

Pembahasan ditekankan pada pengkajian masalah-masalah sosial dan bagaimana membelajarkan konsep dan materi ilmu sosial dalam rumpun IPS  sehingga warga belajar menjadi mudah memahami (geografi, ekonomi, sosio-antro, sejarah, Pkn, dan IPS).Yang tujuan akhirnya menanamkan aspek pengetahuan, sikap, ketrampilan dan tindakan peserta didik tentang IPS agar dapat hidup di tengah masyarakat dan dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan bidang pilihannya yang relevan.

15.    Tesis ( MPS 812204)

Kegiatanyang dirancang, dilaksanakan, dan dilaporkan secara mandirioleh mahasiswa dalam bentuk karya ilmiah yang terkait denganmasalah sosial dan bidang pendidikan IPS, serta menyajikan laporannya dalam bentuk tesisdi bawah bimbingan dosen yang relevan.