Visi, Misi, Tujuan dan Profil

Visi

“MENJADI PENYEDIA SDM INTELEK, PROFESIONAL, DAN SPIRIT (IPS) PADA TAHUN 2025”

Misi  

  1. Meningkatkan kompetensi akademik SDM yang berkualifikasi tinggi dalam bidang keahlian IPS yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional dan global.
  2. Meningkatkan mutu dan jumlah penelitian dalam bidang pendidikan IPS untuk memperkuat epistemologi dan lulusan.
  3. Meningkatkan keterampilan sosial  melalui pengabdian  masyarakat secara bijak dan komitmen tinggi.
  4. Mengembangkan kerja sama internal dan eksternal untuk mengambil keputusan komprehensif dan memperkuat produk-produk pembelajaran, penelitian dan pengabdian bidang pendidikan IPS.
  5. Meningkatkan kompetensi akademik SDM yang berkualifikasi tinggi dalam bidang keahlian IPS yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional dan global.
  6. Meningkatkan mutu dan jumlah penelitian dalam bidang pendidikan IPS untuk memperkuat epistemologi dan lulusan.
  7. Meningkatkan keterampilan sosial  melalui pengabdian  masyarakat secara bijak dan komitmen tinggi.
  8. Mengembangkan kerja sama internal dan eksternal untuk mengambil keputusan komprehensif dan memperkuat produk-produk pembelajaran, penelitian dan pengabdian bidang pendidikan IPS.

.

TUJUAN :

  1. Membentuk lembaga pendidikan profesi yang mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan profesional dalam bidang pendidikan IPS.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang ahli dalam bidang pendidikan IPS.
  3. Menghasilkan berbagai produk penelitian dalam rangka peningkatan mutu dan pengembangan ketrampilan pendidik dan tenaga kependidikan bidang pendidikan IPS.
  4. Membantu layanan masyarakat dan konsultasi bidang pendidikan IPS.
  5. Menghasilkan produk kajian sosial dan produk pembelajaran kreatif inovatif untuk menunjang keberhasilan program pendidikan IPS.

PROFIL PROGRAM PASCASARJANA PENDIDIKAN IPS

1. Ahli bidang Pendidikan IPS

  1. Mampu mengembangkan IPS sebagai ilmu pengetahuan dan sebagai program pendidikan
  2. Mampu mengkritisi,merefleksi dan mengevaluasi  berbagai permasalahan sosial  dengan pendidikan IPS
  3. Mampu mentransformasikan pendidikan IPS   dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

2. Peneliti bidang Pendidikan IPS

  1. Menguasai fenomena permasalahan Pendidikan IPS
  2. Menguasai metodologi penelitian pendidikan IPS
  3. Memberikan solusi berdasarkan kajian pendidikan IPS

3. Pengabdi kepada masyarakat bidang pendidikan IPS

  1. Memiliki sensitivitas terhadap issue-issue sosial yang dapat dipecahkan melalui pendidikan IPS
  2. Memiliki keterampilan sosial untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat
  3. Memiliki komitmen dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian

4. Pengambil keputusan yang berkarakter P-IPS

  1. Memiliki kemampuan berfikir kritis dan reflektif terhadap permasalahan P-IPS
  2. Memiliki kemampuan bekerjasama dalam mengambil keputusan komprehensif
  3. Memiliki tanggung jawab terhadap keputusan secara arif dan berkeadilan.

 INSTRUCTIONAL OUTCOME

  1. Mampu berfikir kritis, logis, dan sistematis dan
  2. Mampu mengembangkan dan mengambil keputusan dengan IPS
  3. Mampu mengaplikasikan IPS dalam kehidupan sehari-hari
  4. Mampu menjalankan IPS sebagai program pendidikan
  5. Mampu menganalisis permasalahan sosial secara terpadu dengan IPS
  6. Mampu menjalankan tugas tugas pendidikan dan pembelajaran secara profesional
  7. Mampu menguasai permasalahan sosial secara komprehensif dan terintegrasi
  8. Mampu mengembangkan kompetensi sosial secara konsisten dan objektif
  9. Mampu mensinergikan antar ilmu sosial secara terpadu untuk pengambilan keputusan yang tepat
  10. Mampu mengembangkan kompetensi IPS untuk pendidikan dan bekal hidup peserta didik
  11. Mampu meningkatkan ketrampilan penelitian dengan menggunakan berbagai metode dan pendekatan penelitian.
  12. Mampu mengkomunikasikan hasil- hasil penelitian secara tertulis dan lisan baik tingkat lokal, nasional, dan internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *