Visi
“MENJADI PENYEDIA SDM INTELEK, PROFESIONAL, DAN SPIRIT (IPS) PADA TAHUN 2025”
Misi
- Meningkatkan kompetensi akademik SDM yang berkualifikasi tinggi dalam bidang keahlian IPS yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional dan global.
- Meningkatkan mutu dan jumlah penelitian dalam bidang pendidikan IPS untuk memperkuat epistemologi dan lulusan.
- Meningkatkan keterampilan sosial melalui pengabdian masyarakat secara bijak dan komitmen tinggi.
- Mengembangkan kerja sama internal dan eksternal untuk mengambil keputusan komprehensif dan memperkuat produk-produk pembelajaran, penelitian dan pengabdian bidang pendidikan IPS.
- Meningkatkan kompetensi akademik SDM yang berkualifikasi tinggi dalam bidang keahlian IPS yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional dan global.
- Meningkatkan mutu dan jumlah penelitian dalam bidang pendidikan IPS untuk memperkuat epistemologi dan lulusan.
- Meningkatkan keterampilan sosial melalui pengabdian masyarakat secara bijak dan komitmen tinggi.
- Mengembangkan kerja sama internal dan eksternal untuk mengambil keputusan komprehensif dan memperkuat produk-produk pembelajaran, penelitian dan pengabdian bidang pendidikan IPS.
.
TUJUAN :
- Membentuk lembaga pendidikan profesi yang mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan profesional dalam bidang pendidikan IPS.
- Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang ahli dalam bidang pendidikan IPS.
- Menghasilkan berbagai produk penelitian dalam rangka peningkatan mutu dan pengembangan ketrampilan pendidik dan tenaga kependidikan bidang pendidikan IPS.
- Membantu layanan masyarakat dan konsultasi bidang pendidikan IPS.
- Menghasilkan produk kajian sosial dan produk pembelajaran kreatif inovatif untuk menunjang keberhasilan program pendidikan IPS.
PROFIL PROGRAM PASCASARJANA PENDIDIKAN IPS
1. Ahli bidang Pendidikan IPS
- Mampu mengembangkan IPS sebagai ilmu pengetahuan dan sebagai program pendidikan
- Mampu mengkritisi,merefleksi dan mengevaluasi berbagai permasalahan sosial dengan pendidikan IPS
- Mampu mentransformasikan pendidikan IPS dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
2. Peneliti bidang Pendidikan IPS
- Menguasai fenomena permasalahan Pendidikan IPS
- Menguasai metodologi penelitian pendidikan IPS
- Memberikan solusi berdasarkan kajian pendidikan IPS
3. Pengabdi kepada masyarakat bidang pendidikan IPS
- Memiliki sensitivitas terhadap issue-issue sosial yang dapat dipecahkan melalui pendidikan IPS
- Memiliki keterampilan sosial untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat
- Memiliki komitmen dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian
4. Pengambil keputusan yang berkarakter P-IPS
- Memiliki kemampuan berfikir kritis dan reflektif terhadap permasalahan P-IPS
- Memiliki kemampuan bekerjasama dalam mengambil keputusan komprehensif
- Memiliki tanggung jawab terhadap keputusan secara arif dan berkeadilan.
INSTRUCTIONAL OUTCOME
- Mampu berfikir kritis, logis, dan sistematis dan
- Mampu mengembangkan dan mengambil keputusan dengan IPS
- Mampu mengaplikasikan IPS dalam kehidupan sehari-hari
- Mampu menjalankan IPS sebagai program pendidikan
- Mampu menganalisis permasalahan sosial secara terpadu dengan IPS
- Mampu menjalankan tugas tugas pendidikan dan pembelajaran secara profesional
- Mampu menguasai permasalahan sosial secara komprehensif dan terintegrasi
- Mampu mengembangkan kompetensi sosial secara konsisten dan objektif
- Mampu mensinergikan antar ilmu sosial secara terpadu untuk pengambilan keputusan yang tepat
- Mampu mengembangkan kompetensi IPS untuk pendidikan dan bekal hidup peserta didik
- Mampu meningkatkan ketrampilan penelitian dengan menggunakan berbagai metode dan pendekatan penelitian.
- Mampu mengkomunikasikan hasil- hasil penelitian secara tertulis dan lisan baik tingkat lokal, nasional, dan internasional