Berkat rahmat Allah SWT kurikulum program pascasarjana pendidikan IPS ini dapat terselesaikan dengan baik dan lancar. Kurikulum program pascasarjana pendidikan IPS ini merupakan rincian program yang terdiri dari rangkaian kegiatan mulai dari visi, misi, tujuan, sasaran, profil lulusan dan kompetensi, serta daftar mata kuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa, serta rancangan pembelajaran yang dipersiapkan oleh dosen dalam rangka kegiatan perkuliahan. Dengan demikian, melalui kurikulum program pascasarjana ini di harapkan dapat menjadi bahan rujukan capaian dan ciri khusus lulusan program pascasarajana pendidikan IPS, yaitu menjadikan ahli dalam bidang kajian IPS (masalah sosial) dan peningkatan kompetensi pendidik (guru dan dosen) dalam bidang pendidikan IPS.
Kurikulum Pascasarjana P-IPS 2012. pdf
Kurikulum Pascasarjana P-IPS 2014.pdf
Banyak pihak yang membantu tersusunnya kurikulum program pascasarjana pendidikan IPS ini. Untuk itu diucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait, terutama kepada Rektor Unila, Dekan FKIP, dan Ketua Jurusan IPS yang telah memfasilitasi penyusunan kurikulum ini hingga selesai. Juga diucapkan banyak terima kasih kepada rekan dosen dan mahasiswa program pascasarjana pendidikan IPS yang telah membantu proses penyusunan kurikulum ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Struktur Kurikulum MIPS tahun 2016
Smt | Kode MK | Nama Mata Kuliah(1) | Bobot SKS | SKS MK dalam Kurikulum | Kelengkapan(3) | Unit/Jur/ Fak Penyelenggara | |||
Inti(2) | Insti-tusional | Deskripsi | Silabus | SAP | |||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) |
I | UNI 816101 | Filsafat Ilmu | 2 | – | √ | √ | √ | √ | SDA |
UNI 816202 | Metodologi Penelitian | 2 | – | √ | √ | √ | √ | SDA | |
MPS 816101 | Konsep Dasar IPS (Ilmu pengetahuan sosial) | 3 | √ | – | √ | √ | √ | SDA | |
MPS816104 | Pendidikan Nilai, Moral, dan Karakter Bangsa | 2 | √ | – | √ | √ | √ | SDA | |
KIP816111 | Kurikulum dan Inovasi Pendidikan | 3 | – | √ | √ | √ | √ | SDA | |
MPS 816102 | Desain, Model, dan Pendekatan Pembelajaran IPS | 3 | √ | – | √ | √ | √ | SDA | |
II | MPS 816203 | Studi Sosial Geosfer | 3 | √ | – | √ | √ | √ | SDA |
MPS 816201 | Asesmen Pendidikan | 2 | √ | – | √ | √ | √ | SDA | |
MPS 816205 | Studi Sosial, Etnisitas, dan Nasionalisme | 3 | √ | – | √ | √ | √ | SDA | |
MPS 816206 | Studi Sosial, Perubahan, dan Globalisasi | 3 | √ | – | √ | √ | √ | SDA | |
MPS 816204 | Studi Sosial, Ekonomi, dan Kewirausahaan | 3 | √ | – | √ | √ | √ | SDA | |
III | MPS 816308 | IPS Pendidikan Dasar/ Menengah/ Perguruan Tinggi (LPTK) | 2 | √ | – | √ | √ | √ | SDA |
MPS 816307 | Kependudukan dan Masalah Sosial | 2 | √ | – | √ | √ | √ | SDA | |
MPS 816301 | Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) | 2 | √ | – | √ | √ | √ | SDA | |
MPS 816306 | Pendidikan Multibudaya | 2 | √ | – | √ | √ | √ | SDA | |
IV | MPS 816305 | Tesis | 6 | √ | – | √ | √ | √ | SDA |
Total SKS | 43 | 13 | 3 |