Penelitian dan pengabdian Dosen Unila dapat dilihat pada link di bawah ini
Dosen MIPS juga melakukan publikasi penelitian melalui link http://repository.lppm.unila.ac.id/
Penelitian dosen MPIPS selama 3 tahun terakhir dapat dilihat pada tabel berikut:
Tahun |
Judul Penelitian |
Nama Dosen yang Terlibat |
Sumber dan Jenis Dana |
Jumlah Dana* (Juta Rupiah) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
2018 |
Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru IPS di Kota Bandar Lampung |
1. Trisnaningsih 2. Risma M. Sinaga 3. Pujiati 4. Sugeng Widodo
|
DIPA-BLU- FKIP
|
|
2018 |
Pengembangan Istrumen Pengukuran Soft Skills untuk Mendukung Kinerja Keprofesian Berkelanjutan Guru di Provinsi Lampung
|
1. Trisnaningsih 2. Risma M. Sinaga 3. Pujiati 4. Buchori Asyik |
DIPA-BLU-UNILA |
35,0 |
2018 |
Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP di Bandar Lampung
|
1. Risma M. Sinaga 2. Trisnaningsih 3. Pujiati 4. Didi Sudarmansyah |
DIPA-BLU-UNILA |
40,0 |
2018 |
Eksplorasi Sejarah, Potensi dan Manajemen Bencana Gempa Bumi dalam Konteks Pemetaan dan Pemberdayaan Leraning Community di Kabupaten Lampung Barat
|
1. Sugeng Widodo 2. Bujang Rahman 3. Abdurrahman |
DIPA-BLU-UNILA |
35,0 |
2017 |
Implementasi Model School-Based Management Dalam Konteks Sosial dan Emotional Learning untuk Membangun Sekolah Berkarakter “Hijau” yang Adaptif terhadap Dampak Perubahan Iklim Global |
1. Bujang Rahman 2. Abdurrahman 3. Riswandi |
Kemenristekdikti Jakarta |
100,0 |
2017 |
Implementasi Model-Model Pengembangan Keprofesian Guru Yang Sedang Studi Lanjut. |
1. Trisnaningsih 2. Risma M. Sinaga 3. Pujiati |
DIPA-BLU- FKIP
|
20,0 |
2017 |
Analisis Interaksi Sosial Antar Etnik Daerah Transmigrasi Di Provinsi Lampung. |
1. Pargito 2. Sumadi 3. Rahma Kurnia SU |
DIPA-BLU- FKIP
|
12,5 |
2017 |
Analisis Faktor Pendorong Pada Pasangan Usia Subur (PUS) Untuk Melakukan Pernikahan Dini Di Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung |
1. Yarmaidi 2. Trisnaningsih 3. Listumbinang Halengkara |
DIPA-BLU- FKIP
|
12,5 |
2017 |
Optimalisasi Kelompok Belajar Berbasis Kearifan Lokal, Budaya Dan Ilmu Pengetahuan Di FKIP Universitas Lampung |
1. Tedi Rusman 2. Erlina Rufaidah 3. I Komang Wiyata |
DIPA FKIP Unila |
15,0 |
2017 |
Aktivitas Model Inkuiri (Inquiry) dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI SMA YP UNILA Tahun Ajaran 2017-2018 |
1. Ali Imron 2. Risma M. Sinaga 3. Henry Susanto 4. Suparman Arif
|
DIPA-BLU- FKIP
|
15,0 |
2017 |
Evaluasi Kemampuan Guru-Guru Mata Pelajaran IPS Kota Bandar Lampung Dalam Penerapan Pembelajaran Lesson Study&PTK. |
1. Yon Rizal 2. Erlina Rupaidah 3. I Komang Winata |
DIPA-BLU- FKIP |
15,0 |
2017 |
Efektifitas Model Pembelajaran Tipe TPS Dan Pembelajaran Tipe PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Gedong Tataan Tahun Ajaran 2016/2017. |
1. Tedi Rusman 2. Darwin Bangun 3. Pujiati |
DIPA-BLU- FKIP
|
15,0 |
2017 |
Identifikasi Hambatan Dalam Penyelesaian Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNILA. |
1. Nurdin 2. I Komang Winata 3. Eddy Purnomo |
DIPA-BLU- FKIP
|
15,0 |
2016 |
Perkawinan Dalam Pandangan Remaja |
1. Trisnaningsih 2. Edy Purnomo 3. Risma MSinaga |
DIPA FKIP UNILA |
20,0 |
2016 |
Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Sosial Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa SMP) |
1. Trisnaningsih 2.Edy Purnomo 3. Pujiati |
DIPA FKIP UNILA |
20,0 |
2016 |
Pola Fertilitas Berbagai Suku Bangsa Pada Daerah Rawan Konflik Sosial di Lampung, Kerja sama antaraLembaga PenelitianUnila dengan BKKBN Perwakilan Provinsi Lampung. |
1. Trisnaningsih (Unila) 2. Eko Sigit Raharjo (Anggota Koalisi Kependudukan Provinsi Lampung) 3.Fitrianianita Damhuri(Bappeda Provinsi Lampung) |
BKKBN |
13,0 |
2016 |
Profil Lulusan Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial: Konsekuensi Latar Belakang Demografi dan Sosial Ekonomi |
1.Edy Purnomo 2. Trisnaningsih 3. Darsono |
DIPA UNILA |
10,0 |
2016 |
Pemetaan Indeks Kependudukan dalam Perencanaan Wilayah di Lampung. |
1. Buchori Asyik 2. Trisnaningsih 3. Listumbinang Halengkara |
DIPA-BLU- FKIP
|
7,0 |
2016 |
Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Di SMPN Lampung Tengah |
Pargito |
DIPA FKIP UNILA
|
7,5 |
2016 |
Pengembangan Model Perekonomian Koperasi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Melalui Peningkatan Peran Komite Sekolah Dalam Program Bina Lingkungan di Kota Bandar Lampung |
1. Erlina Rufaidah 2. Tedi Rusman 3. I Komang Winata |
Penelitian Hibah Bersaing – DIKTI (Tahun kedua)
|
50,0 |
2016 |
Penerapan Model PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa di SMAN 4 Bandar Lampung |
1. Risma M.Sinaga 2. Bujang Rahman 3. Pujiati |
DIPA BLU Unila
|
10,0 |
2016 |
Membangun KemampuanBerfikir Kritis Melalui Model PembelajaranBerbasis Masalah (PBM)dalamUpaya Menumbuhkan Karakter Peserta Didik di SMPSejahteraBandar Lampung |
1. Yustina Ekwandari 2. Risma M.sinaga 3. Myristica |
DIPA BLU Unila |
5,0 |
2016 |
Implementasi Model Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I Untuk Meningkatkan Kompetensi Akuntansi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung |
1. Pujiati 2. Rahmah Dianti Putri |
DIPA BLU Senior
|
15,0 |
2015 |
Mengenal Isi Bab Pendahuluan Pada Proposal Penelitian (Jurnal) |
Sudjarwo |
Pasca Sarjana Unila |
5,0 |
2015 |
Proses Sosial Dan Interaksi Sosial Dalam Pendidikan
|
Sudjarwo |
Lemlit Unila |
15,0 |
2015 |
Pengembangan Model Scaffolding pada Program Peningkatan Kompetensi Guru |
Bujang Rahman |
Kemenristekdikti- Jakarta |
70,0 |
2015 |
Melaksanakan Penelitian dengan judul Pembelajaran IPS terpadu bagi guru-guru SMP di Way Tuba |
Pargito |
Mandiri |
5,0 |
2015 |
Pengintegrasian Materi PKLH ke dalam Mata Pelajaran Terkait untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Menengah Atas. |
1. Trisnaningsih 2. Buchori Asyik 3. Yarmaidi |
DIPA-BLU- FKIP |
6,5 |
2015 |
Analisis Makna Mitos Dan Hubungannya Dalam Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Lampung |
1. Risma M.Sinaga 2. Ali Imron 3. Maskun |
Hibah Bersaing Dikti |
60,0 |
2015 |
Pengembangan Model Perekonomian Koperasi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Melalui Peningkatan Peran Komite Sekolah Dalam Program Bina Lingkungan Di Kota Bandar Lampung |
1. Erlina Rufaidah 2. Tedi Rusman 3. I Komang Winata
|
Penelitian Hibah Bersaing – DIKTI (Tahun pertama)
|
50,0
|
2015 |
Kurikulum Pendidikan IPS Dalam Upaya Mewujudkan SDM Berkualitas Di Era Komunitas ASEAN |
Pujiati |
Mandiri |
5,0 |
2015 |
Pendekatan Scientifik Approach Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir |
Pujiati |
Mandiri |
5,0 |
2015 |
Analisis Kompetensi Akuntasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNILA |
Pujiati
|
Mandiri |
5,0 |
2015 |
Kualitas pembelajaran IPS |
Pujiati |
Mandiri |
5,0 |
2015 |
Pengaruh Kompetensi Akuntasi Terhadap Keterangan Berpikir Kritis Mahasiswa |
Pujiati
|
Mandiri |
5,0 |
Jumlah |
794
|
|||
Rata-Rata per Tahun |
228
|
Sumber : Borang 3A Akreditasi MPIPS 2019