Penerimaan Mahasiswa Baru dan Buku Panduan Tahun 2015

jadwal-penerimaan-Tahun-2015

Download Kurikulum Pasca IPS 2014 

Klik gambar untuk melihat lebih jelas

Dewasa ini permasalahan sosial berkembang semakin banyak dan semakin komplek seiring dengan perkembangan sosial yang terjadi di masayarakat. Bahwa masalah-masalah sosial sekarang ini dan yang akan datang semakin sulit diselesaikan karena adanya saling keterkaitan. Apalagi di era globalisasi ini, setiap masalah dalam kehidupan manusia bertambah dan terkait dengan berbagai kepentingan. Untuk itu dibutuhkan tenaga ahli dalam bidang kajian sosial (studi sosial) dan ahli pendidikan IPS (social studies). Program Pascasarjana Pendidikan IPS merupakan suatu lembaga pendidikan lanjut tingkat magister yang mengembangkan bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) baik sebagai bidang kajian masalah sosial (Ilmu-ilmu sosial) maupun program pendidikan bidang rumpun IPS. Oleh karenanya program pascasarjana pendidikan IPS mendidik para calon tenaga akademisi bidang kajian masalah sosial (ahli IPS),tenaga pendidik (guru dan dosen IPS), dan tenaga peneliti, serta tenaga pengabdi bidang IPS. Melalui program pascasarjana pendidikan IPS para mahasiswa dapat memiliki kompetensi unggul dalam bidang kajian sosial dan pendidikan IPS sesuai dengan konsentrasi bidang IPS yang mencakup: 1) pendidikan geografi; 2) pendidikan ekonomi; 3) pendidikan sejarah; 4)pendidikan kewarganegaraan (PKn); 5)pendidikan sosiologi-antropologi; 6)pendidikan IPS (terpadu). Pada akhirnya program pascasarjana pendidikan IPS menghasilkan para ahli tingkat magister dalam bidang kajian sosial (studi sosial) dan ahli dalam bidang pendidikan studi sosial (pendidikan IPS).

 

VISI

Menjadikan SDM yang “Intelek, Profesional dan Spirit”pada tahun 2020

Misi

  1. Meningkatkan mutu pembelajaran bidang kajian sosial dan pendidikan IPS untuk memperkuat profesional lulusan
  2. Meningkatkan mutu penelitian dan pengembangan dalam bidang kajian sosial dan pendidikan IPS untuk memperkuat epistemologi dan lulusan.
  3. Melaksanakan pengabdian dan layanan konsultatif kepada masyarakat dalam bidang kajian sosial dan pendidikan IPS untuk peningkatan ketrampilan sosial.
  4. Mengembangkan produk-produk pembelajaran kritis,kreatif dan inovatif melalui penelitian bidang kajian sosial dan pendidikan IPS.
  5. Mengembangkan program pascasarjana  yang mempersiapkan SDM dan tenaga profesional dalam bidang  kajian sosial dan pendidikan IPS.

Tujuan

  1. Membentuk lembaga pendidikan profesi yang mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan profesional dalam bidang kajian sosial dan pendidikan IPS.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang ahli dalam bidang kajian sosial dan pendidikan IPS
  3. Menghasilkan berbagai produk penelitian dalam rangka peningkatan mutu dan pengembangan ketrampilan pendidik dan tenaga kependidikan bidang kajian sosial dan pendidikan IPS.
  4. Membantu layanan masyarakat dan konsultasi bidang kajian sosial dan pendidikan IPS.
  5. Menghasilkan produk kajian sosial dan produk pembelajaran kreatif inovatif untuk menunjang keberhasilan program pendidikanIPS.

Sasaran

  1. Adanya lulusan program pascasarjana pendidikan IPS yang bermutu tinggi, efektif dan efisien serta berguna secara luas di lingkungan kerja dan masyarakatnya.
  2. Adanya karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa secara rutin dan periodik dari berbagai sumber/ penyandang dana (internal/ eksternal)
  3. Terlayaninya kebutuhan masyarakat tentang pemecahan masalah-masalah sosial dan pendidikan IPS.
  4. Terciptanya produk pembelajaran kreatif dan inovatif yang dapat digunakan oleh berbagai pihak yang membutuhkan, khususnya guru IPS di sekolah
  5. Terselenggaranya program pascasarjana pendidikan IPS yang mengembangkan kompetensi dan profesionalisme bidang kajian sosial dan tenaga pendidikan IPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *