Sasaran
- Adanya lulusan program pascasarjana pendidikan IPS yang bermutu tinggi, efektif dan efisien serta berguna secara luas di lingkungan kerja dan masyarakatnya.
- Adanya karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa secara rutin dan periodik dari berbagai sumber/penyandang dana (internal/eksternal)
- Terlayaninya kebutuhan masyarakat tentang pemecahan masalah-masalah sosial dan pendidikan IPS.
- Terciptanya produk pembelajaran kreatif dan inovatif yang dapat digunakan oleh berbagai pihak yang membutuhkan, khususnya guru IPS di sekolah.
- Terselenggaranya program pascasarjana pendidikan IPS yang mengembangkan kompetensi dan profesionalisme bidang kajian sosial dan tenaga pendidikan IPS.
- Menjadikan SDM yang mampu menginternalisasikan nilai-nilai dalam pembelajaran di bidang kajian sosial dan pendidikan IPS.
Strategi
- Menyusun program kerja yang realistis dengan melibatkan berbagai komponen terkait baik dosen, staf, mahasiswa dan stakeholders lainnya.
- Menyusun standar berdasarkan sistem layanan pendidikan yang berorientasi pada proses dan output dengan memperhatikan potensi, sumberdaya, sarana dan input.
- Melakukan evaluasi diri (internal) secara rutin, menyeluruh dan konsisten sesuai kurun waktu yang ditargetkan.
- Melakukan evaluasi diri dari pihak eksternal (Audit) untuk melihat kemajuan dan kesetaraan dengan pihak lembaga lain.
- Bersikap terbuka, akuntabel, dan selalu menjalin kerja sama dengan pihak tertentu demi kemajuan program pascasarjana PIPS.
- Melaksanakan pembelajaran dengan menginternalisasikan nilai-nilai dalam pembelajaran di bidang kajian sosial dan pendidikan IPS.